Resources

Ternyata Ini! 4 Penyebab UMKM Sulit Berkembang

Banyak penyebab yang menyebabkan bisnis sulit berkembang. Mau tahu apa saja? Simak ulasannya di artikel berikut ini!
sulit berkembang

Beberapa faktor yang menjadikan UMKM sulit berkembang ialah tidak adanya penanganan masalah finansial dan sumber daya yang baik. 

Kemajuan teknologi yang semakin pesat seharusnya dapat memudahkan para pemilik UMKM untuk semakin berkembang. Para pemilik UMKM dapat memanfaatkan media sosial seperti, Instagram, Facebook, atau teknologi digital lainnya untuk memasarkan produk.

Hal ini akan membantu memasarkan UMKM tidak hanya pada satu daerah tapi juga ke seluruh Indonesia atau bahkan sampai ke luar negeri.

Namun, pada kenyataannya, saat menjalankannya, semua tidak semudah seperti yang dibayangkan. Untuk mengelola usaha, dibutuhkan pengetahuan luas, ketekunan, serta strategi pemasaran yang kuat.

Kunci utama dalam menjalankan bisnis berada pada kekuatan pemasaran atau marketing. Tapi, dalam menjalankan bisnis, kamu tidak hanya berfokus pada strategi marketing-nya saja.

Tanpa disadari, ada beberapa kesalahan yang biasa dilakukan oleh para pelaku UMKM yang membuat bisnisnya menjadi tidak berkembang. Apa saja yang menyebabkan UMKM sulit berkembang? Simak ulasan berikut. 

Baca juga: Ternyata Ini, Beda Koperasi dan UMKM

#1 Masalah dalam mengelola keuangan

Kesalahan pertama yaitu, masalah pengelolaan keuangan. Pada kenyataannya, para pemilik UMKM banyak melakukan kesalahan dalam manajemen keuangan.

Mereka kerap kali tidak memisahkan keuangan bisnis dan pribadi, serta tidak membuat pembukuan dan catatan keuntungan. Pemilik UMKM juga sering mengeluarkan modal besar tanpa perencanaan yang matang, hingga tidak mempersiapkan dana darurat. 

#2 Manajemen dan sumber daya manusia belum berkembang

Faktor selanjutnya yang menyebabkan UMKM sulit berkembang karena memiliki kualitas sumber daya manusia (SDM) yang rendah dan terbatas. Tidak hanya karena faktor SDM-nya, pemilik UMKM pun juga masih kurang pengetahuannya tentang menajemen bisnis.

Berikut beberapa hal yang harus dimiliki pelaku usaha agar bisnis bisa berkembang.

  • Kemampuan dasar produksi.
  • Pengetahuan serta skill dan marketing.
  • Ilmu tentang keuangan.
  • Pengetahuan mengenai motivasi, sumber daya manusia, dan kepemimpinan.
  • Pengaturan strategi ketika menghadapi persaingan di dunia bisnis.

Jika hal tersebut sudah dimiliki, akan memudahkan UMKM untuk berjalan dengan baik dan juga memudahkan untuk berkembang. 

#3 Kurangnya melakukan pemasaran yang efektif

Banyak pelaku usaha bisa membuat produknya berkualitas dan mampu bersaing dengan kompetitor. Tetapi, tidak banyak orang yang mampu bertahan karena kesulitan saat memasarkan produk.

Masalah pemasaran ini merupakan masalah utama yang menyebabkan UMKM sulit berkembang. Strategi pemasaran yang dilakukan biasa dilakukan oleh kompetitor dan pelaku usaha lainnya.

Baca juga: 4 Pilihan Cara Mudah Daftar BPJS Ketenagakerjaan untuk Pelaku UMKM

#4 Kurang menggunakan teknologi dan digitalisasi

Seharusnya teknologi dapat memudahkan UMKM untuk mengembangkan bisnisnya. Namun, pada kenyataannya, masih banyak pelaku usaha yang tidak memanfaatkan teknologi dengan baik.

Masalahnya ialah, karena kurangnya pengetahuan atau tidak mau belajar mengenai teknologi tersebut. Akibatnya membuat bisnis mereka menjadi kurang dikenal sehingga tidak dapat berkembang. 

Itulah penyebab UMKM sulit berkembang yang harus kamu ketahui untuk proses mencegah dan mengevaluasi perusahaan.