Resources

4 Langkah Jitu untuk Memanfaatkan Strategi Pemasaran Digital

Kamu seorang pebisnis pemula dan ingin memanfaatkan strategi pemasaran digital? Jangan khawatir, yuk, pelajari 4 cara jitunya di sini!

Perkembangan internet dan teknologi saat ini sudah berlaju dengan pesat dan masuk pada hampir semua ranah bisnis. Hasilnya, muncul banyak strategi pemasaran digital yang bisa dimanfaatkan badan usaha.

Bagi kamu yang belum tahu, pemasaran digital saat ini bukanlah hal yang asing lagi.

Bahkan, menurut survei yang diluncurkan saat pandemi di tahun 2021, sekitar 26% UMKM bertahan setelah tingkatkan keterampilan dalam dunia pemasaran digital.

Strategi pemasaran ini juga sudah dianggap sebagai salah satu cara paling efektif untuk gaet pelanggan di era yang sudah serba digital.

Proses implementasinya pun tidak terlalu sulit. Sehingga, pengusaha bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan jangka panjang bisa.

Nah, kira-kira, seperti apa langkah-langkah untuk memanfaatkan strategi pemasaran digital? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Optimalkan Penggunaan Media Digital

Langkah pertama untuk memanfaatkan strategi pemasaran digital adalah dengan mengoptimalkan penggunaan media digital.

Kamu dan para konsumen pasti sudah tidak asing dengan media digital. Teknologi ini bisa dibagi menjadi 4 jenis, yaitu website, media sosial, toko online dan e-commerce.

Nah, kamu bisa menggunakan masing-masing media digital ini untuk keperluan pemasaran dan promosi bisnis.

Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan media sosial sebagai tempat untuk mengiklankan profil bisnismu.

Kamu juga bisa bekerja sama dengan artis dan influencer untuk menjadi partner promosi di media sosial resmi bisnis.

Di sisi lain, kamu bisa memanfaatkan website sebagai media untuk menyampaikan informasi lengkap tentang produkmu.

Selain itu, kamu juga bisa manfaatkan e-commerce sebagai tempat jual beli serta memasarkan produkmu.

Namun, supaya bisa lebih efektif, ketahui media digital mana yang paling digemari oleh audiensmu. Dengan demikian, proses pemasaran bisnismu dapat berjalan dengan lebih maksimal.

2. Segmentasi Target Pelanggan

Setelah menentukan medium yang akan digunakan untuk memasarkan bisnis secara digital, kamu perlu menentukan target pelangganmu.

Misalnya, jika menjual scarf dan hijab, target pasar yang akan kamu jangkau adalah perempuan muslim, rentang usia 17 – 40 tahun, dan menggunakan hijab.

Kamu juga dapat mengoptimalkan segmentasi penjualanmu ketika hari-hari besar yang berkaitan dengan scarf dan hijab, seperti bulan Ramadhan, dan Hari Raya Idul Fitri.

Kamu pun bisa menggandeng influencer atau artis pengguna scarf dan hijab untuk melakukan kerjasama atau jasa endorsement.

Dengan memetakan target pelanggan, dijamin kamu dapat memaksimalkan kegiatan pemasaran digital dengan tepat sasaran.

3. Menerapkan strategi internet marketing

Cara lainnya untuk memanfaatkan strategi pemasaran digital adalah dengan internet marketing.

Bagi kamu yang belum tahu, internet marketing adalah bentuk pemasaran yang menggunakan internet untuk menyampaikan pesan promosi kepada pelanggan.

Metode ini biasanya dieksekusi menggunakan tools seperti search engine, email, website, dan media sosial.

Lalu, bagaimana menerapkan internet marketing yang baik? Contohnya adalah menggunakan alamat email, Instagram, grup jualan di Facebook, atau forum-forum di internet untuk memasarkan produk.

4. Tentukan tujuan bisnis untuk jangka panjang dan pendek

Cara terakhir untuk memanfaatkan strategi pemasaran digital dengan baik adalah menentukan tujuan bisnis untuk jangka panjang dan pendek.

Pada dasarnya, kamu tidak akanbisa membuat membuat strategi digital marketing tanpa mengetahui apa yang ingin dicapai bisnis.

Maka dari itu, kamu perlu menciptakan tujuan atau visi dan misi bisnis terlebih dahulu

Kamu bisa membaginya menjadi dua, yaitu jangka pendek dan panjang. Sebagai contoh, untuk jangka pendek, kamu bisa menetapkan target penjualan harus menyentuh angka 2000 produk dalam satu bulan.

Sedangkan, untuk jangka panjang, kamu bisa berencana untuk memasarkan produk di luar negeri.

Nah, itulah keempat cara ampuh yang bisa kamu ikuti untuk menggunakan strategi pemasaran digital. Semoga upayamu berjalan lancar, ya!