Resources

Solusi Masalah Mesin Absensi Sidik Jari! Atasi Masalah Mesin Absensimu

Mesin absensimu sering bermasalah? Yuk, lihat di sini solusi masalah mesin absensi sidik jari!
solusi masalah mesin absensi sidik jari

“Solusi masalah mesin absensi sidik jari, memangnya ada?”

Hmmm, sepertinya kamu sering mengalami masalah dan kendala saat menggunakan mesin absensi di perusahaanmu, ya… Hal ini memang tidak dapat dihindari. Tidak dipungkiri bahwa mesin absensi memiliki beberapa kelemahan.

Semua barang elektronik tentu akan mengalami penurunan performa seiring dengan berjalannya waktu. Begitu juga dengan mesin absensi yang kamu gunakan di perusahaan atau bisnismu.

Oleh sebab itu, artikel berikut ini akan membahas mengenai masalah mesin absensi serta solusi masalah mesin absensi sidik jari yang wajib kamu ketahui.

Baca juga: Gawat! 5 Kelemahan Fingerprint Ini Bisa Menghambat Absensi!

Masalah Mesin Absensi yang Biasa Terjadi

Sebelum mengetahui solusi masalah mesin absensi sidik jari, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu masalah mesin absensi yang kerap terjadi.

Berikut beberapa masalahnya:

#1 Identifikasi sensor yang lambat

Mesin absensi memang memiliki batasan kapasitas sidik jari dan daya tampung data scan yang akan berpengaruh pada sistem mesin. Makin banyak data scan yang tersimpan, makin lama proses identifikasi sidik jarinya.

Jika hal tersebut dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, kamu akan mendapatkan peringatan “No more space” pada mesin absensi. Sehingga, mesin absensi akan mengalami hang atau macet dan proses data scan tidak diterima.

#2 Hang atau macet

Mesin absensimu sering mengalami hang atau macet? Hal ini tentu sangat menyebalkan jika terjadi.

Banyak faktor yang menyebabkan mesin absensi menjadi hang atau macet. Biasanya hal ini disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari daya tampung data scan yang terlalu penuh, adanya masalah hardware, hingga adaptor mengalami trouble.

#3 Tidak berhasil membaca sidik jari

Pasti kamu pernah merasakan masalah mesin absensi seperti ini. Beberapa penyebab mesin tidak dapat mengidentifikasikan sidik jari tersebut menyebabkan data scan karyawan tidak tersimpan pada mesin.

Hal tersebut bisa saja disebabkan karena keadaan permukaan sensor yang sudah mulai buram atau kotor. Atau bahkan, pada permukaan sensor terdapat goresan sehingga tidak dapat membaca sidik jari.

Masalah mesin absensi ini memang paling sering dialami karyawan, bukan?

#4 Jam dan tanggal yang tidak sesuai

Apakah kamu pernah menemukan kejadian seperti ini pada mesin absensimu? Sering kali terjadi ketidaksesuaian jam dan tanggal pada mesin.

Jika hal tersebut terjadi, bisa saja ada masalah yang diakibatkan oleh baterai c-mos. Jika hal itu terjadi, biasanya akan sangat merepotkan karena kamu perlu memperbaikinya ke service center untuk mengganti baterai.

#5 Tidak bisa terkoneksi dengan komputer

Masalah mengoneksikan mesin dengan komputer sering dijumpai oleh pengguna mesin absensi sidik jari. Apa kamu pernah merasakannya juga?

Pasti sangat mengesalkan jika kejadian seperti itu terjadi, apalagi jika kamu sedang membutuhkan data secara cepat.

Itulah beberapa masalah yang sering terjadi pada mesin absensi sidik jari. Untuk itu, kamu perlu mencari solusi masalah mesin absensi sidik jari, berikut solusinya.

Solusi Masalah Mesin Absensi Sidik Jari

Mau tahu apa solusi masalah mesin absensi sidik jari? Ya, pakai GajiTim dong!

GajiTim merupakan aplikasi absensi online, yang dapat memudahkan kamu untuk mengisi absensi karyawan. Jika kamu menggunakan aplikasi absensi online seperti GajiTim, kamu tidak akan lagi menemukan masalah-masalah seperti saat menggunakan mesin absensi.

Baca juga: GajiTim, Aplikasi Manajemen Karyawan dalam Satu Genggaman

Mau tahu, apa saja fitur yang terdapat di aplikasi GajiTim? Simak, ya!

  • Mengisi dan menyetujui absensi

Fitur dalam aplikasi GajiTim yaitu, bisa mengisi absensi kehadiran karyawan. Selain kamu bisa mengisi absensi karyawan, kamu juga dapat menyetujui absensi atau kehadiran jika karyawan menggunakan aplikasi GajiGesa. Dengan demikian, karyawan dapat melakukan absensi secara mandiri, lho.

  • Menghitung gaji karyawan

Dengan menggunakan aplikasi absensi online GajiTim ini, kamu juga bisa dibantu menghitung gaji karyawan.

  • Mengirimkan slip gaji

Saat menggunakan aplikasi GajiTim, pekerjaanmu akan dimudahkan. Contohnya, jika ada karyawan yang ingin meminta slip gaji. Salah satu fitur GajiTim yaitu, membantu kamu untuk mengirimkan slip gaji langsung melalui WhatsApp.

Jadi, tidak perlu repot-repot untuk membuka komputer atau laptop terlebih dahulu.

  • Membuat kartu nama digital

Aplikasi GajiTim punya fitur baru yaitu, membuat kartu nama digital. Kamu bisa langsung membuat kartu nama, sehingga tidak perlu repot-repot membayar tukang cetak kartu nama.

Semua bisa kamu lakukan sendiri dengan menggunakan aplikasi GajiTim ini. Terlebih lagi, kartu nama tersebut bisa langsung di-share via WhatsApp, lho.

Wah, banyak sekali bukan manfaatnya dalam satu aplikasi? Yuk, nggak usah mikir lagi, deh. Mending download GajiTim sekarang sebagai solusi masalah mesin absensi sidik jari!