Resources

Perempuan Juga Bisa Berbisnis, Intip 15 Rekomendasi Bisnis Berikut!

Ingin membuka bisnis dan butuh rekomendasi bisnis apa yang cocok untuk kamu? Lihat di sini, yuk!
rekomendasi bisnis

Kamu berniat untuk membuka bisnis namun masih ragu? Butuh rekomendasi bisnis apa yang kira-kira cocok?

Faktanya, nih, pebisnis wanita memperkerjakan hampir 9 juta orang dan menghasilkan US$1,7 triliun dalam penjualan per tahun, lho. Sosok wanita di dalam bisnis juga sangat membantu perekonomian tetap berjalan.

Selain itu juga, sambil meningkatkan kualitas kehidupan, mereka juga berinovasi dalam membuat cara-cara baru untuk membuat dunia yang lebih baik.

Walaupun semua wanita bisa berbisnis apa pun, berikut beberapa rekomendasi bisnis untuk wanita yang bisa kamu tiru.

Rekomendasi Bisnis untuk Wanita

Tidak perlu merasa minder saat ingin memulai bisnis, ternyata, banyak kok jenis bisnis yang bisa wanita lakukan. Berikut beberapa rekomendasinya.

#1 Layanan pendidikan

Apakah kamu menyadari bahwa industri pendidikan lebih didominasi oleh perempuan?

Jika kamu suka menyerap dan berbagi pengetahuan untuk orang lain, bisnis yang berorientasi pada pendidikan sangat cocok nih, untuk kamu. Selain itu, kamu juga dapat memilih jam kerja kamu sendiri. Misalnya, seperti membuka bimbingan, mengajar bahasa asing, kursus, musik, atau mengajarkan pelajar untuk persiapan kuliah.

#2 Bisnis desain

Tidak hanya pria lho, yang bisa mendesain. Wanita juga memiliki keunggulan dalam industri desain.

Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa wanita mampu membedakan nuansa warna yang terlihat identik dengan pria. Jika punya bakat mendesain, kamu bisa jadikan ini sebagai ide bisnismu.

#3 Perawatan kulit dan kecantikan

Rekomendasi bisnis untuk perempuan selanjutnya yaitu, bisnis perawatan kulit dan kecantikan.

Siapa sih, wanita yang tidak suka merawat kulitnya?

Walaupun awalnya ada beberapa orang yang masih malas merawat kulitnya, seiring berjalannya waktu mereka mungkin akan menyadari pentingnya merawat kulit.

Nah, buat kamu yang suka merawat kulit dan mengerti kandungan terbaik untuk perawatan kulit, kamu bisa banget mempertimbangkan ide bisnis ini.

#4 Rumah, kehidupan, dan organisasi keuangan

Kamu sadar nggak, bahwa wanita itu lebih mampu multitasking daripada pria? Tidak jarang wanita bisa mengurus berbagai macam hal dalam waktu bersamaan. Contohnya, mengurus anak sambil membersihkan rumah.

Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa wanita lebih terorganisir di bawah tekanan dan lebih baik dalam multitasking. Oleh karena itu, wanita dapat menjadi sosok yang sempurna untuk menjalankan bisnis yang berhubungan dengan rumah, kehidupan, dan organisasi keuangan ini.

#5 Event planning

Rekomendasi bisnis untuk wanita selanjutnya yaitu, event planning.

Perencanaan acara merupakan industri yang melibatkan banyak multitasking dan koordinasi detail. Oleh karena itu, bidang bisnis ini sangat cocok untuk wanita. Contohnya saja, kamu dapat membantu menyusun rencana pernikahan seseorang, terutama unuk persoalan dekorasi, katering, fotografer, dan lainnya.

#6 Pengembangan aplikasi

Jika memiliki keterampilan coding, kamu bisa mempertimbangkan ini sebagai ide bisnis.

Namun, jika belum memiliki keterampilannya, tapi tertarik pada dunia coding, nggak usah takut! Kamu bisa mempelajarinya secara online atau dengan mengambil kelas online. Kemudian, kamu bisa membuka bisnis dengan membuat aplikasi yang kamu inginkan.

Misalnya, membuat aplikasi yang khusus digunakan oleh wanita, seperti aplikasi pemantau siklus menstruasi.

#7 Merawat hewan atau anak-anak

Jika kamu penyuka hewan atau anak-anak, maka ini bisa menjadi ide bisnis yang tepat untuk kamu.

Kamu bisa memilih membuka pet shop dengan menyediakan jasa grooming atau membuka tempat penitipan anak (daycare). Kemudian, lebih baik lagi jika kamu sudah memiliki lisensi dan menyiapkan tempat yang nyaman agar dapat lebih dipercayai pelanggan.

#8 Layanan makanan atau katering

Hayo, siapa yang jago masak?

Rekomendasi bisnis selanjutnya yaitu, dengan membuka layanan makanan atau katering. Jika kamu suka dan berbakat memasak, kamu bisa mempertimbangkan untuk mulai berbisnis makanan.

Misalnya nih, kamu bisa memulai bisnis makanan dari rumah atau membuat food truck.

Baca juga: Mantap! Inilah Cara Memulai Bisnis Food Truck Biar Cuan!

#9 Fotografi

Rekomendasi bisnis lainnya yaitu, fotografi. Kamu suka memotret dan handal dalam mengambil berbagai angle foto?

Wah, tepat banget nih, untuk menjadikannya sebagai ide bisnis. Kamu bisa membuka jasa fotografi, misalnya untuk pre-wedding atau acara pernikahan.

Atau, jika kamu ingin memulai yang mudah-mudah dulu, kamu bisa membuka jasa fotografi untuk foto estetik untuk pasangan. Sedang banyak lho, saat ini, anak muda yang ingin mengabadikan momen indah bersama pasangan melalui foto. Coba, yuk!

#10 Menjalankan toko online

Membuka toko online memiliki banyak keuntungannya, lho. Dengan toko online, kamu cenderung memiliki waktu lebih fleksibel dan mengeluarkan biaya yang lebih hemat dibandingkan harus menyewa sebuah toko.

Kamu dapat memulai dari situs e-commerce dan menjual berbagai barang yang kamu inginkan. Contohnya, seperti menjual barang hasil kerajinan tangan kamu sendiri, pakaian, dan lain-lainnya.

#11 Membuka tempat penginapan

Ide ini menggabungkan investasi real estate dengan industri perhotelan.

Kamu bisa membuka tempat penginapan dengan biaya tarif. Bisnis ini dapat membantumu untuk menutupi biaya hipotek dan pajak atas properti, serta menghasilkan keuntungan.

Namun, agar dapat berjalan sukses, kamu harus mempersiapkan rencana yang matang terlebih dahulu, ya.

#12 Menulis atau membuat blog

Jika kamu suka menulis esai atau merangkai kata-kata, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk memonetasi tulisanmu. Kamu dapat jadikan hal tersebut sebagai ide bisnis.

Misalnya, dengan memulai bisnis lepas atau memonetisasi blog kamu dengan topik yang kamu suka dan ketahui.

#13 Apa pun yang sesuai dengan keahlian dan minat kamu

Jika beberapa rekomendasi bisnis tadi masih kurang sesuai untukmu, kamu bisa memulai bisnis dengan keahlian dan minatmu.

Janganlah ragu jika kamu memiliki pengetahuan untuk membuatnya menjadi berhasil. Selamat mencoba!