Resources

Jangan Salah! Ketahui 4 Perbedaan Aplikasi Absensi dan Fingerprint

Team aplikasi absensi atau fingerprint, nih? Lihat di sini yuk, perbedaan aplikasi absensi dan fingerprint di artikel berikut!
perbedaan aplikasi absensi dan fingerprint

Aplikasi absensi online adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan saat ini. Terlebih, akibat masa pandemi banyak perusahaan yang mengubah cara kerja dengan beralih ke teknologi.

Salah satunya, penggunaan aplikasi absensi online untuk urusan absensi karyawan. Sedangkan, fingerprint adalah salah satu cara yang dianggap merupakan teknologi terbaru untuk absensi karyawan beberapa tahun yang lalu.

Tapi, apakah kamu tahu perbedaan aplikasi absensi dan fingerprint? Mana yang lebih baik? Yuk, lihat ulasannya di sini.

Baca juga: Gawat! 5 Kelemahan Fingerprint Ini Bisa Menghambat Absensi!

Perbedaan Aplikasi Absensi dan Fingerprint

Berikut beberapa perbedaan aplikasi absensi dan fingerprint dari beberapa aspek.

Proses Absensi

Proses absensi merupakan hal yang menentukan tanda kehadiran karyawan, baik menggunakan aplikasi absensi online ataupun menggunakan fingerprint. Berikut perbedaan aplikasi absensi dan fingerprint dari segi proses absensinya.

#1 Fingerprint

Proses absensinya menggunakan sidik jari yang sudah didaftarkan sebelumnya. Sidik jari yang didaftarkan umumnya menggunakan dua jari yang berbeda.

Hanya saja, terdapat kelemahan menggunakan mesin fingerprint. Terkadang dibutuhkan beberapa saat untuk mengecek keberhasilan scanning sidik jari.

Hal ini menyebabkan karyawan harus mengulang 1-2 kali atau lebih agar absensi dapat berhasil terekam.

Namun, saat masa pandemi ini, absensi yang menggunakan mesin fingerprint memiliki risiko yang besar. Pasalnya, sensor fingerprint bisa menjadi salah satu media yang memungkinkan penyebaran virus Covid-19.

#2 Aplikasi absensi online

Proses absensi online via aplikasi menggunakan satu perangkat seperti handphone. Pemilik usaha atau HR atau bahkan karyawan itu sendiri dapat memasukkan data absensi karyawan melalui handphone masing-masing. Sehingga, jika melakukan absensi melalui aplikasi dirasa lebih aman, terutama mencegah penularan virus Covid-19.

Sumber Energi

Perangkat absen menggunakan sumber energi tertentu untuk tetap bisa berjalan dengan baik. Misalnya, melalui listrik ataupun koneksi internet.

Berikut perbedaan aplikasi absensi dan fingerprint dari segi sumber energinya.

#1 Fingerprint

Fingerprint menggunakan listrik untuk menjalankan perangkatnya. Ada beberapa perangkat yang menggunakan baterai.

Kelemahan fingerprint ini adalah saat sedang terjadi pemadaman listrik secara mendadak. Hal itu tentu saja membuat karyawan tidak bisa melakukan absensi. Atau, jika baterai habis, harus melakukan charge perangkat terlebih dahulu.

Jadi, jika terjadi gangguan listrik, proses absensi menjadi kurang optimal.

#2 Aplikasi absensi online

Sedangkan, aplikasi absensi online bisa dioperasikan menggunakan jaringan internet. Sehingga, saat ingin melakukan absensi, karyawan hanya perlu terhubung dengan internet terlebih dahulu – entah itu melalui data seluler atau WiFi.

Kemudahan menggunakan aplikasi absensi online yaitu, bisa mengakses absensi secara cepat dan mudah karena terhubung dengan internet. Sedangkan, kelemahannya adalah saat koneksi internet terputus sehingga tidak bisa melakukan absensi.

Perangkat

Berikut perbedaan aplikasi absensi dan fingerprint dari segi perangkat.

#1 Fingerprint

Perangkat merupakan alat yang digunakan untuk absen. Absensi karyawan menggunakan fingerprint memiliki satu alat khusus yang berisi layar scan untuk mendeteksi sidik jari karyawan.

Umumnya, perusahaan atau pemilik usaha membeli satu alat untuk digunakan banyak karyawan. Alat tersebut juga membutuhkan maintenance secara berkala agar dapat berfungsi maksimal.

Kelemahannya yaitu, penggunaan satu alat untuk banyak orang bisa menyebabkan antrean saat masuk dan pulang kerja. Serta, alat ini juga memiliki risiko sebagai media penularan Covid-19.

#2 Aplikasi absensi online

Sedangkan, aplikasi absensi online menggunakan perangkat masing-masing karyawan berupa handphone. Sehingga, absensi bisa dilakukan secara mandiri tanpa menimbulkan antrian. Serta, dengan cara ini, karyawan dan pemilik usaha bisa menghindari penularan virus.

Baca juga: Gampang Hitung Gaji Karyawan Pakai GajiTim!

Biaya

Berikut perbedaan aplikasi absensi dan fingerprint dari segi biaya.

#1 Fingerprint

Biaya yang dikeluarkan untuk pembelian alat dan perawatan fingerprint secara berkala cukup variatif. Ini tergantung dengan merek alat dan jenis perawatannya.

Sehingga, perusahaan atau pemilik usaha perlu menganggarkan biaya berkala untuk perawatannya.

#2 Aplikasi absensi online

Sedangkan, aplikasi absensi online umumnya gratis. Selain itu, kamu juga tidak perlu menyisihkan biaya untuk perawatan, lho. Sehingga, kamu bisa mengalokasikan biaya untuk mesin absensi untuk kebutuhan yang lebih penting.

Itulah perbedaan aplikasi absensi dan fingerprint. Jadi, pilihanmu jatuh ke mana, nih? Aplikasi absensi atau fingerprint?

Kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi absensi online GajiTim. Aplikasi GajiTim bisa memudahkanmu dalam proses absensi karyawan, perhitungan gaji, dan mengirimkan slip gaji. Bahkan, yang terbaru kamu bisa membuat kartu nama digital, lho.

Yuk, Download GajiTim sekarang, GRATIS!