Resources

5 Sanksi Jika Perusahaan Tidak Memberikan Slip Gaji

Jangan sampai kamu kena sanksi gara-gara tidak memberikan slip gaji. Lihat di sini yuk, peraturan mengenai slip gaji!
peraturan mengenai slip gaji

Awas kena sanksi! Ketahui peraturan mengenai slip gaji, yuk.

Saat bekerja, karyawan mempunyai hak berupa gaji atau upah dari hasil pekerjaannya. Umumnya, pembayaran gaji tersebut akan dilakukan satu bulan sekali atau sesuai dengan kesepakatan bersama melalui surat perjanjian atau kontrak.

Nah, sebagai pemberi kerja, kita harus memberikan slip gaji sebagai bentuk bukti penggajian. Namun, masih ada saja perusahaan atau pemilik bisnis yang tidak memberikan slip gaji. 

Lalu, bagaimana ya peraturan mengenai slip gaji tersebut?

Peraturan Mengenai Slip Gaji

peraturan mengenai slip gaji

Berdasarkan UU Nomor 13 tahun 2003 mengenai Ketenagakerjaan, tidak ada ketentuan khusus mengenai aturan kewajiban perusahaan untuk memberikan slip gaji pada karyawan. 

Akan tetapi pada PP Nomor 78 Tahun 2005 mengenai Pengupahan Pasal 17 ayat 2 menjelaskan bahwa:

“Pengusaha wajib untuk memberikan bukti pembayaran upah yang di dalamnya memuat rincian upah yang diterima karyawan atau pekerja pada saat upah tersebut diberikan atau dibayarkan.”

Jadi, bisa dikatakan perusahaan harus mematuhi aturan tersebut. Sudah seharusnya perusahaan memberikan slip gaji kepada karyawan sebagai bukti, tanpa harus menunggu karyawan yang meminta terlebih dahulu.

Wajibkah Perusahaan Memberikan Slip Gaji?

Jika melihat dari aturan yang ada, perusahaan memang sudah seharusnya memberikan slip gaji pada karyawan. Hal itu karena manfaat slip gaji tidak hanya sebagai bukti, tapi juga bisa digunakan untuk kebutuhan administratif lainnya.

Biasanya memang ada alasan perusahaan tidak memberikan slip gaji pada karyawan. Contohnya, seperti adanya manipulasi gaji atau beberapa hal lain sehingga tidak diberikannya slip gaji karyawan. 

Eits, tapi jangan sampai kamu melakukannya, ya. Kalau kamu melakukan hal tersebut, karyawanmu bisa saja melaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker), lho.

Bagaimana Jika Perusahaan Tidak Memberikan Slip Gaji?

peraturan mengenai slip gaji

Perusahaan yang tidak mematuhi peraturan tersebut akan dikenakan sanksi. Misalnya, seperti sanksi administratif yang juga diberikan secara bertahap, yaitu:

#1 Teguran tertulis

Jika tidak mematuhi peraturan slip gaji, perusahaan bisa dikenakan teguran tertulis yang termasuk dalam peringatan karena sudah melakukan pelanggaran.

#2 Pembatasan kegiatan usaha

Dalam pembatasan kegiatan usaha akibat perusahaan tidak mematuhi peraturan mengenai slip gaji ini ada dua hal, yaitu:

  • Penundaan untuk memberikan izin usaha di salah satu atau beberapa lokasi untuk perusahaan yang memiliki beberapa proyek usaha di tempat yang berbeda.
  • Pembatasan jumlah produksi barang dan atau jasa dengan jangka waktu tertentu.

#3 Penghentian sementara

Penghentian sementara akan dilakukan pada sebagian atau seluruh alat produksi yang digunakan. 

Sehingga, perusahaan tidak menjalankan seluruh atau sebagian alat produksi barang dan jasa dengan jangka waktu tertentu.

#4 Pembekuan

Sanksi selanjutnya adalah dilakukannya pembekuan kegiatan usaha. Ini bisa berbentuk tindakan menghentikan seluruh proses produksi barang atau jasa dengan jangka waktu tertentu.

Untuk itu, jika kamu nggak mau dikenakan sanksi akibat tidak memberikan slip gaji karyawan, pakai GajiTim aja, yuk!

GajiTim akan membantu kamu dalam urusan slip gaji karyawan, lho. Selain itu juga, kamu bisa mengirimkan slip gaji langsung melalui WhatsApp. Yuk, download GajiTim sekarang juga!

peraturan mengenai slip gaji