Resources

Wajib Tiru! 7 Tips Womenpreneur Meningkatkan Modal Usaha

Kamu seorang womenpreneur dan ingin meningkatkan modal usaha? Nggak usah pusing, simak di sini untuk tipsnya!
meningkatkan modal usaha

Siapa sih yang nggak mau bisnisnya berkembang menjadi besar? Semua para pemilik bisnis pasti menginginkannya.

Tapi, jika mau memulai atau mengembangkan bisnis tentu saja membutuhkan modal yang banyak, lho. Bahkan, di negara berkembang, banyak wanita yang tidak bisa melanjutkan usaha mereka karena tidak adanya dana. Selain itu juga, wanita memiliki banyak tantangan daripada pria dalam hal mengumpulkan modal.

Eits, tapi nggak usah takut! Artikel berikut ini akan memberikan kamu ulasan bagaimana cara meningkatkan modal usaha untuk para womenpreneur.

Cara Meningkatkan Modal Usaha

meningkatkan modal usaha

Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan modal usaha, yaitu:

#1 Membangun networking

Cara meningkatkan modal usaha yang pertama yaitu, dengan membangun networking. Bisnis tanpa sebuah jaringan atau networking merupakan sebuah hal yang mustahil.

Bisnis tidak bisa berdiri sendiri, sehingga membutuhkan jaringan. Kamu bisa membangun networking dengan memperbanyak kenalan seperti, mengikuti seminar, workshop, dan lainnya.

Setelah itu, sering-seringlah berkomunikasi dengan networking kamu untuk menanyakan tentang investor. Siapa tahu, mereka bisa membantu kamu mencarikan investor terbaik.

#2 Berlatih pitching

Kamu sudah mengetahui belum, apa itu pitching?

Pitching adalah sebuah kegiatan/usaha mempresentasikan sesuatu untuk meyakinkan orang lain seperti, calon klien, partner bisnis, atau calon investor. Jika kamu ingin mendapatkan investor untuk meningkatkan modal usaha, mulailah berlatih pitching.

Luangkan waktu untuk berlatih dan mempersiapkan jawaban-jawaban yang mungkin akan dipertanyakan. Oleh sebab itu, jika ingin pitching-mu lancar, kamu harus tahu betul tentang bisnis yang sedang dijalankan.

#3 Memiliki produk yang menarik

Jika produkmu tidak menarik akan membuat investor tidak ingin menanamkan modalnya pada bisnismu. Sehingga, kamu harus mengusahakan untuk membuat produk yang menarik dan memiliki daya tarik konsumen untuk membeli.

Oleh sebab itu, kalau ingin mendapatkan investor, kamu perlu menyusun strategi produk untuk bisnismu. Misalnya, dengan membuat rencana pemasaran yang baik, seperti iklan yang menarik, agar bisa membantu untuk menjual produk kamu ke pasaran.

#4 Produk memiliki testimoni dari pelanggan

Walaupun kamu baru ingin meningkatkan modal usaha dengan mencari investor, tetapi, jangan lupakan hal penting. Kamu harus persiapkan sesuatu saat mempresentasikan ide bisnis di hadapan investor.

Apa itu? Yaitu, tes produk.

Nyatanya, pelanggan juga bisa jadi penilaian penting yang akan diambil oleh investor sebagai keputusannya, lho. Sehingga, kamu harus menyiapkan banyak testimoni yang berasal dari pelanggan yang sudah mencoba produk kamu. Selain itu, dengan adanya testimoni akan membuat kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari produk yang dipasarkan.

#5 Strategi monetisasi bisnis

Cara berikut ini harus dilakukan bila sebelumnya bisnis kamu sudah laku di pasaran dan menghasilkan income yang tetap.

Kamu bisa melakukan cara ini di bisnis yang sedang berjalan sehingga investor tertarik dan berminat untuk menanamkan modalnya.

#6 Membuat rencana pengembangan bisnis

Rencana pengembangan bisnis ini bertujuan agar investor tertarik untuk memberikan modal. Dengan bantuan dari investor, kamu bisa meningkatkan modal usaha.

Sehingga, dari modal usaha tersebut, kamu bisa meningkatkan produksi barang usaha sekaligus menambah peralatan yang dibutuhkan. Lalu, usaha yang kamu jalani diharapkan akan semakin berjalan baik bahkan berkembang dan terus bertumbuh.

#7 Mencari crowdfunding

Cara meningkatkan modal usaha dengan mencari crowdfunding.

Crowdfunding merupakan metode mengumpulkan dana dari banyak orang secara online. Cara mendapatkannya kamu harus membuat akun terlebih dahulu di platform crowdfunding