Resources

Jangan Ketinggalan! Ini 7 Tips Mengembangkan Usaha

Dalam menjalankan sebuah bisnis tentu ingin usahanya berkembang menjadi besar. Bagaimana cara mengembangkan usaha kecil menjadi besar? Simak ulasannya di artikel berikut ini!
mengembangkan usaha

Banyak yang harus dilakukan dalam mengembangkan usaha kecil menjadi besar oleh pelaku bisnis. 

Kamu tentunya ingin usahamu lebih berkembang. Kamu tidak sendirian.

Namun, dalam menjalankan bisnis, kamu seperti berada di sebuah kompetisi; ada yang akan sukses atau gagal. Bahkan, tidak banyak yang berhasil memenangkan persaingan dalam dunia usaha yang semakin kompetitif.

Oleh karena itu, ketika ingin membesarkan bisnis, dibutuhkan upaya yang ekstra agar produk dan layananmu tetap diminati. Strategi promosi dan pemasaran yang efektif dibutuhkan dalam meningkatkan dan memuaskan kebutuhan target pasar.

Ingin tahu apa saja tips mengembangkan usaha yang harus kamu lakukan agar bisnis dapat menjadi besar? Simak terus artikel berikut ini.

Baca juga: Penting! 4 Tips Mengembangkan Usaha untuk Pengusaha Wanita

Tips Mengembangkan Usaha

Berikut tujuh tips mengembangkan usaha yang harus kamu lakukan.

#1 Perluas jangkauan pasar

Tips pertama dalam mengembangkan usaha yang dapat kamu lakukan yaitu, dengan memperluas jangkauan pasar.

Buat produkmu makin dikenal dan mudah untuk dibeli. Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan, seperti dengan menambah kanal penjualan atau memasang iklan.

Contohnya, membuat toko online yang kamu miliki tersedia di berbagai website marketplace atau menitipkan produk kamu di toko ritel. 

#2 Pertahankan pelanggan lama

Tips mengembangkan usaha selanjutnya yaitu, dengan mempertahankan pelanggan lama.

Mendapatkan konsumen baru memang penting, tapi jangan pikir dalam mengembangkan bisnis itu hanya mencari konsumen sebanyak-banyaknya. Kamu juga perlu mempertahankan pelanggan lama. Pelanggan lamalah yang akan terus membeli produk jualanmu.

Dengan mempertahankan pelanggan lama, kamu juga bisa lebih menghemat biaya promosi, sebab mereka sudah tahu tentang produk kamu. 

#3 Inovasi produk

Tips lainnya yaitu, inovasi produk. Kebutuhan manusia akan terus menerus berubah dan berkembang, maka kamu harus mengupayakan agar bisnismu tetap relevan dan bisa beradaptasi dengan perubahan.

Oleh sebab itu, kamu perlu membuat inovasi dalam bisnis, seperti melakukan diversifikasi atau menambah produk lainnya. 

#4 Kelola keuangan dengan tepat

Ini tips yang sangat penting. Kamu harus dapat mengelola keuangan dengan tepat. Saat ingin membesarkan bisnismu, kamu memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Jadi, kamu harus dapat mengelola dan menyiapkan dana untuk meningkatkan kualitas produk kamu dan membiayai kegiatan bisnis lainnya.

Baca juga: Belum Tahu Cara Menghitung Laba Bersih Bisnis? Begini Rumusnya! 

#5 Membuat bisnis menjadi franchise

Untuk mengembangkan usaha kecil menjadi besar, kamu bisa membuat bisnismu menjadi franchise. Dengan membuat sistem franchise yang efektif, kamu tidak hanya menguntungkan dirimu sendiri, tetapi menguntungkan mitra bisnis juga. 

#6 Sediakan pelayanan terbaik

Saat menjalankan bisnis, kamu wajib memberikan pelayanan terbaik. Kamu perlu memberikan pelatihan dan contoh pada karyawan tentang bagaimana pelayanan terbaik itu. Ini bukan hal yang mudah karena karakteristik pelanggan tentu berbeda-beda. 

#7 Minta pelanggan merekomendasikan bisnis kamu

Tips mengembangkan usaha yang terakhir yaitu, meminta pelanggan merekomendasikan bisnis kamu. Kamu bisa menerapkan sistem referral di mana pelanggan bisa mendapatkan hadiah jika berhasil membawa pelanggan baru ke bisnismu.

Hal ini merupakan strategi untuk membuat pelanggan setia dan mendapatkan pelanggan baru dari mereka.