Resources

Ikuti 5 Cara Mengelola Keuangan Usaha untuk Pebisnis Pemula

Pebisnis pemula wajib tahu cara mengelola keuangan usaha untuk menghindari kebangkrutan. Begitu tipsnya!
mengelola keuangan usaha

Siapa sih yang tidak ingin menjadi pebisnis sukses?

Dari sekian banyak pebisnis, hanya beberapa di antara mereka yang mampu meraih kesuksesan dalam bisnis. Hal ini membuktikan bahwa membangun bisnis bukanlah keahlian semua orang.

Kegagalan dalam membangun bisnis bisa diakibatkan banyak hal. Salah satunya adalah, saat mendirikan bisnis, ia belum dibekali dengan ilmu dan pengalaman yang cukup, termasuk dalam mengelola keuangan usaha.

Pengelolaan keuangan usaha merupakan faktor penentu keberlangsungan usaha yang akan kamu jalankan.

Berikut beberapa cara mengelola keuangan untuk kamu pebisnis pemula.

Baca juga: 4 Pilihan Cara Mudah Daftar BPJS Ketenagakerjaan untuk Pelaku UMKM

#1 Memisahkan rekening usaha dan pribadi

Hal ini terlihat sepele, ya? Tetapi, ini merupakan hal yang terpenting. Untuk kebutuhan bisnis dan pribadi, jika hanya menggunakan satu rekening, kamu akan kesulitan untuk menghitung pemasukan bisnis dan pengeluaran pribadi.

Ini tentu akan menjadi masalah pada masa mendatang, terutama saat harus membuat laporan keuangan. Jadi, lebih baik memisahkan rekening usaha dengan rekening pribadi.

#2 Membuat pembukuan khusus usaha untuk mengelola keuangan usaha

Selanjutnya, kamu perlu perhatikan bagaimana membuat pembukuan. Kamu perlu melakukan pembukuan. Tujuannya, untuk mengetahui keuntungan dan kerugian yang diperoleh bisnismu.

Dengan pencatatan tersebut, kamu bisa mengetahui jumlah uang yang masuk dan keluar, serta jumlah bahan baku yang terpakai dan yang masih tersedia pada satu hari tersebut.

Selain itu, jika terdapat kehilangan uang atau kesalahan dalam penghitungan, kamu akan lebih mudah menemukannya.

#3 Membayar tagihan tepat waktu

Semua orang, baik pemilik bisnis maupun karyawan, diwajibkan untuk membayar pajak. Terutama, jika bisnismu memang dirancang ingin berkembang setiap tahunnya, tentu saja harus taat pajak.

Untuk itu, sebagai pebisnis pemula, kamu harus mengetahui mengenai kewajiban membayar pajak. Jika kamu salah hitung, bisa-bisa uang yang kamu keluarkan untuk membayar pajak bisa terlalu besar atau terlalu sedikit. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahli pajak.

Selain itu, jika kamu memiliki cicilan, pinjaman modal usaha, atau tagihan bisnis lainnya, penting banget untuk membayarkannya tepat waktu.

Apabila pembayaran tersebut terlambat, tentu saja kamu bisa dikenakan bunga dan denda. Hal ini akan menambah pengeluaran dan merugikan bisnis.

Baca juga: Ternyata Ini, Beda Koperasi dan UMKM

#4 Petty cash untuk mengelola keuangan usaha

Saat mengelola keuangan tentu saja perlu mempersiapkan petty cash. Petty cash ialah sejumlah uang tunai yang sudah ditetapkan besarnya, untuk membiayai kegiatan operasional sehari-hari dalam jangka waktu tertentu.

Jangan lupa juga membuat laporan detail pada setiap penggunaan petty cash.

#5 Menyiapkan dana darurat

Dana darurat sangat penting untuk bisnis kamu. Fungsi dana darurat akan begitu terasa saat kamu sedang mengalami kejadian tidak terduga dalam bisnis.

Misalnya, omzet harian menurun dan kamu perlu membayar gaji karyawan. Untuk itu, kamu sebagai pengusaha bisa mempersiapkan dan menggunakan dana darurat untuk menggaji karyawan.

Itulah beberapa cara mengelola keuangan usaha yang dapat kamu lakukan agar bisnis kamu dapat berjalan lancar.