Resources

Cari Tahu Cara Atur Keuangan Bisnis Jelang Hari Raya

Sebagai pebisnis, akan banyak pengeluaran yang dibutuhkan menjelang hari raya. Begini cara mengatur keuangan bisnis agar tetap terkendali.
mengatur keuangan bisnis

Menjelang hari raya akan banyak pengeluaran dana yang dibutuhkan. Mulai dari THR untuk karyawan, operasional bisnis, sampai dengan uang lembur karyawan yang bekerja saat hari libur. Sebagai pengusaha, kamu perlu pintar-pintar mengatur keuangan bisnis agar tetap terkendali. 

GajiTim akan memberikan tips untuk mengatur keuangan bisnis yang bisa kamu terapkan menjelang hari raya. Tips ini juga akan membantu kamu memiliki perencanaan keuangan yang baik. Yuk, simak tips mengatur keuangan bisnis berikut ini. 

Cara Atur Keuangan Bisnis Menjelang Hari Raya

mengatur keuangan bisnis

Ada lima cara terbaik untuk mengatur keuangan bisnis kamu menjelang hari raya.

Mengatur Rencana Pengeluaran

Setelah menghitung omset penjualan, kamu harus membuat rencana pengeluaran. Kamu bisa melakukannya dengan membagi omset ke beberapa pos. Mulai dari biaya produksi, pemasaran, sampai dengan upah karyawan. 

Jika semuanya sudah terbagi, kamu bisa menyisihkan sisanya untuk mengembangkan bisnis, seperti meluncurkan produk baru, mengembangkan produk lama, atau meningkatkan pemasaran. 

Membayar Keperluan Operasional

Apabila omset telah terbagi, jangan lupa untuk membayar keperluan operasional. Hindari menunda pembayaran agar operasional bisnis berjalan lancar dan stabil. Jika ada dana lebih dari omset, kamu bisa memenuhi keperluan operasional yang sempat tertunda. 

Melunasi Pinjaman

Salah satu kendala yang dihadapi pebisnis adalah hutang atau pinjaman. Ada baiknya kamu berusaha untuk meminimalisir pinjaman. Jika dana sudah tercukupi, segera lunasi pinjaman agar hutang tidak menumpuk. Kamu bisa mengatasinya dengan menyisihkan kelebihan omset untuk membayar hutang.

Mengalokasikan Dana

Seperti yang telah disebutkan dalam mengatur rencana keuangan sebelumnya, jangan lupa mengalokasikan dana untuk pengembangan bisnis. Tujuannya, agar setelah hari raya, kamu tidak perlu kebingungan menyiapkan dana untuk modal, peningkatan layanan, dan pemasaran. 

Investasikan Sisa Omset Setelah Lebaran

Setelah mengalokasikan omset untuk pengembangan bisnis dan biaya operasional, pertimbangkan untuk berinvestasi dengan sisa omset. 

Dana yang diinvestasikan ini bisa digunakan untuk jangka panjang. Nilai investasi juga akan terus meningkat, sehingga dana yang tersisa tidak akan mengendap begitu saja. 

Berikut tadi adalah kelima cara mengatur keuangan bisnis agar tetap terkendali. Dari kelima cara di atas, mana yang menurutmu paling efektif dalam mengatur keuangan bisnis untukmu?