Resources

3 Manfaat Penting Sertifikat Halal Bagi Pelaku Usaha, Wajib Tahu!

manfaat sertifikat halal

Produkmu belum memiliki sertifikat halal MUI? Bila ya, kamu harus segera meraihnya. Sebab, ada banyak manfaat sertifikat halal yang bisa menguntungkan bisnis.

Tentunya, kamu pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar kata sertifikat halal. Bagaimana tidak? Dokumen tersebut kini tersedia pada hampir semua toko dan badan usaha UMKM.

Sertifikasi ini merupakan fatwa tertulis dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menyatakan bahwa suatu produk sudah sesuai dengan syariat Islam.

Ia disediakan sebagai bentuk perlindungan dari pemerintah untuk konsumen muslim.

Dengan begitu, pelanggan akan jadi lebih tenang saat mengkonsumsi produk dan terhindar dari hal-hal yang mengandung unsur haram. 

Sebagai salah satu negara dengan populasi muslim terbesar, sudah pasti Indonesia terdapat peraturan tentang jaminan setiap produk yang beredar terjamin kehalalannya.

Hal tersebut telah tertuang dalam Pasal 4 UU 33/2014. Oleh sebab itu, wajib bagi pelaku usaha untuk memiliki sertifikat halal pada setiap produknya. 

Meski telah diwajibkan, masih banyak pelaku usaha yang mengabaikan pentingnya sertifikasi halal pada produknya.

Nah, untuk itu, kamu harus mengetahui manfaat sertifikat halal untuk produkmu. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Manfaat Sertifikat Halal untuk Produk

manfaat sertifikat halal

1. Memberikan ketenangan terhadap konsumen

Manfaat sertifikat halal yang pertama adalah memberikan ketenangan kepada konsumen saat mengonsumsi atau menggunakan produk bisnis.

Seperti yang sudah dijelaskan, konsumen bakal merasa lebih tenang dengan produk yang memiliki label halal MUI.

Pasalnya, produk tersebut secara resmi sudah dicap halal dan dianggap sesuai dengan syariat islam oleh lembaga MUI.

Nah, dikarenakan mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam, secara tidak langsung angka penjualan produk dan loyalitas pelanggan bisa meningkat dalam masa-masa mendatang.

2. Produk yang dihasilkan akan memiliki Unique Selling Point (USP)

Manfaat sertifikat halal yang kedua adalah menciptakan produk dengan USP (Unique Selling Point).

Sebelumnya, apa itu yang dimaksud dengan USP? Istilah tersebut mengacu pada aspek-aspek yang membuat produk atau jasamu lebih baik dari kompetitor.

Sertifikasi halal pun pada dasarnya bisa dijadikan USP. Sebab, tidak semua badan usaha memiliki produk yang dianggap halal oleh MUI.

Dengan begitu, produk kamu bisa jadi pilihan utama bagi konsumen. Selain itu juga, sertifikat halal bisa membuat konsumen kompetitor beralih menggunakan produk kamu. Menarik bukan?

3. Bisa memperluas jangkauan pasar global

Manfaat sertifikat halal terakhir yang bisa kamu manfaatkan adalah memperluas jangkauan pasar global.

Seiring berjalannya waktu, tentu kamu ingin produk bisnis terus berkembang, bukan? Bahkan, kalau bisa hingga menembus pasar global.

Sebab, jika produk nantinya menjangkau pasar global dan sudah diekspor ke luar negeri, dapat dipastikan angka penjualan bakal meningkat pesat.

Nah, dengan adanya sertifikasi halal, produk kamu secara sah dapat diekspor dan bakal diterima dengan oleh negara-negara lain. Apalagi jika negara tersebut mayoritas penduduknya beragama muslim.

Itulah beberapa manfaat sertifikat halal yang bisa menguntungkan produkmu.

Maka dari itu, yuk, segera miliki sertifikat halal. Walaupun prosedur pembuatannya cukup rumit, dokumen tersebut dijamin bisa membuat badan usahamu makin berkembang!