Resources

5 Manfaat Membagikan Sampel Produk yang Bisa Kamu Raih

manfaat membagikan sampel produk

Jika ingin mendorong kesuksesan usaha, kamu yang masih pemula di dunia bisnis harus tahu manfaat membagikan sampel produk.

Inisiatif tersebut dinilai sebagai salah satu metode pemasaran paling jitu di era modern. Sebab, hanya dengan modal yang kecil, kamu sudah bisa mendapatkan minat dari banyak pelanggan baru.

Mungkin, sekarang kamu sering melihat kuis atau acara giveaway di mana sebuah bisnis membagikan sampel produk secara gratis.

Atau, kamu juga pernah melihat brand tertentu yang membagikan sampel produk, biasanya makanan, di pusat perbelanjaan.

Nah, dengan upaya tersebut, konsumen jadi mengetahui kualitas produkmu, kemudian tertarik untuk membeli dan menggunakan produk yang ditawarkan.

Kira-kira, selain penjelasan di atas, apa saja manfaat membagikan contoh produk yang bisa menguntungkan bisnismu? Yuk, simak uraian lengkapnya di bawah ini!

Manfaat Membagikan Sampel Produk

manfaat membagikan sampel produk

1. Meningkatkan brand awareness

Manfaat membagikan sampel produk yang pertama adalah meningkatkan brand awareness.

Brand awareness adalah kemampuan atau kesanggupan merk untuk tetap muncul dalam benak konsumen supaya mudah dikenali produknya.

Nah, apabila kamu ingin bisnis dan produk kamu dikenal oleh banyak orang, salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah brand awareness.

Dengan memberikan dan membagikan sampel produk kepada konsumen, mereka dapat secara langsung merasakan dan mengalami produk yang kamu tawarkan.

Mereka juga bisa menilai dan memahami produk kamu dengan lebih baik melalui sampel tersebut. Maka, meskipun diberikan secara gratis, kamu tetap harus menyediakan pelayanan yang terbaik.

2. Mendapatkan feedback dan review

Manfaat membagikan sampel produk selanjutnya adalah mendapatkan feedback dan review.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dengan memberikan sampel kepada konsumen, mereka dapat langsung memberikan penilaian kepada produk kamu.

Namun, tanpa disadari, membagian sampel juga bisa membuahkan feedback yang baik untuk kelangsungan bisnis kamu.

Konsumen akan secara sukarela memberikan pendapat dan masukan yang dapat kamu gunakan untuk memperbaiki kekurangan pada produk.

Para konsumen juga bisa meninggalkan testimonial yang tentunya bisa kamu manfaatkan untuk meyakinkan pembeli lainnya.

3. Mengetahui produk yang potensial

Manfaat membagikan sampel produk lainnya adalah mengetahui produk yang memiliki potensi.

Jika berencana untuk menjual berbagai macam jenis produk dalam waktu dekat, kamu bisa melakukan riset dengan memberikan sampel produk kepada konsumen.

Dengan begitu, kamu akan mengetahui produk mana yang lebih diminati oleh banyak orang. Sehingga kamu dapat menyimpulkan dan memprediksi produk yang akan laku di pasar.

Kamu pun dapat menghindari kelebihan bahan baku untuk produk yang ternyata tidak diminati oleh konsumen dan akhirnya mendatangkan rugi.

Produk yang kurang diminati juga bisa kamu ubah dan tunda penjualannya dengan mengubah hal tertentu supaya lebih diminati oleh konsumen.

4. Mendapatkan endorsement produk

Manfaat membagikan sampel produk berikutnya adalah mendapatkan endorsement produk.

Hal ini bisa diraih dengan mengirim sampel produk kepada penulis blog, selebgram dan tokoh figur yang lain, kamu akan berkesempatan untuk mendapatkan endorsement produk.

Bahkan, seringkali mereka akan melengkapi review mereka dengan mem-posting produk kamu di laman tertentu yang pastinya memiliki banyak penggemar.

Hal tersebut tentunya akan memberikan bisnis kamu exposure secara gratis. Terutama, ketika mereka menyukai produk yang diberikan.

Hasilnya, produk kamu akan semakin dikenal dan nantinya akan berdampak pada kenaikan penjualan baik secara langsung maupun tidak langsung.

5. Meningkatkan penjualan

Manfaat membagikan sampel produk yang terakhir adalah meningkatkan penjualan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, memberikan sampel produk secara gratis berpotensi dalam meningkatkan penjualan.

Saat kamu membagikan sampel produk, misalnya di supermarket, konsumen akan merasa lebih tertarik untuk membeli.

Hal ini berlaku karena mereka sudah mengetahui rasa dan tekstur produk. Sebuah hal yang tentunya tak bisa mereka dapatkan dari kemasan.

Konsumen juga dapat bertanya secara langsung kepada petugas atau karyawan yang membagikan sampel tersebut dan mendapatkan informasi yang lebih mendalam.

Pastinya konsumen akan dengan senang hati membeli produk yang sudah mereka kenal dan tidak sekedar meraba informasi dari kemasan produk.

Nah, itulah manfaat dari membagikan sampel produk kepada konsumen. Jangan lupa diterapkan, ya!