Resources

5 Manfaat Kolaborasi Bisnis Demi Kesuksesan Perusahaan

Jika kamu mulai terasa kesulitan saat menjalankan bisnis, tidak masalah jika meminta bantuan kepada orang lain. Kolaborasi adalah salah satu jalan yang dapat membantumu dalam memecahkan masalah.
manfaat kolaborasi bisnis

Saat ini, begitu penting dan banyak sekali manfaat kolaborasi bisnis yang menguntungkan bagi perusahaan. 

Kolaborasi bisnis merupakan suatu proses partisipasi beberapa orang atau kelompok organisasi yang bekerjasama untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Pada era sekarang, kolaborasi bisnis menjadi salah satu strategi yang tepat dan menguntungkan loh. Kolaborasi bisnis juga cukup efektif untuk dipakai semua pemilik bisnis; baik itu bisnis kecil, menengah, dan besar.

Ketika suatu bisnis sedang mengalami kesulitan, sangat wajar untuk melakukan kolaborasi bisnis. Berikut manfaat kolaborasi bisnis yang perlu kamu ketahui. 

Manfaat Kolaborasi Bisnis

Berikut beberapa manfaat kolaborasi bisnis yang akan kamu rasakan jika melakukannya.

#1 Membantu Memecahkan Masalah

Apa yang kamu lakukan ketika bisnis sedang tidak berjalan lancar? Katakanlah, kamu telah berhasil menjalankan beberapa proyek, tetapi kamu menemukan ada masalah di tengah jalan bisnismu dan tampaknya menahan usahamu.

Kemudian, kamu kehabisan ide, tidak ada kemajuan, dan tenggat waktu semakin dekat. Apakah kamu akan menyerah? Jangan, dong.

Manfaat kolaborasi bisnis ialah kamu dapat meminta bantuan atau mencari perspektif lain. Bisa saja kamu menjadwalkan sesi brainstorming dengan tim atau meminta pendapat rekan kerja. 

#2 Membantu Orang Belajar dari Satu Sama Lain

Manfaat kolaborasi bisnis lainnya yaitu, tentang bekerja secara kolaboratif dengan orang-orang yang membawa keahlian dan latar belakang berbeda.

Kamu dapat belajar dari pengalaman mereka. Berkolaborasi dengan anggota tim atau bahkan tim yang berbeda bisa dianggap sebagai salah satu kesempatan mengembangkan diri. Kamu perlu memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin.

Belajar dari rekan kerja bukan hanya bermanfaat dalam kolaborasi bisnis. Tapi, hal ini juga merupakan langkah pertama untuk membangun budaya tempat kerja yang berpusat pada pembelajaran dan pengembangan.

Tim yang berkolaborasi tidak hanya memiliki kesempatan untuk saling belajar kesalahan, keberhasilan, kegagalan, dan alur kerja. Tetapi, mereka juga akan mendapatkan pemahaman tentang perspektif tim lain.  

#3 Memperluas Networking

Manfaat kolaborasi bisnis selanjutnya, kamu dapat bertemu dengan orang baru dan membangun komunikasi dengan kolega.

Menjadi sukses dalam bisnis mengharuskan kamu secara konsisten membuat koneksi dan membentuk aliansi.

Bayangkan bagaimana bisnis kamu akan menyusut jika kamu terus berhubungan dan menjual ke grup yang sama berulang kali. Meskipun setiap kontak yang kamu buat mungkin tidak menghasilkan kolaborasi, tetapi hal tersebut dapat memperluas jaringan kamu.

#4 Membuat Pekerjaan Lebih Efisien

Bekerja secara mandiri atau idealis secara berlebihan justru berdampak buruk bagi perusahaan maupun karyawan.

Banyak jenis proyek atau pekerjaan, jika dilakukan dengan kolaborasi akan lebih efisien. Saat mendapatkan kesulitan mengerjakan proyek, kita harus bisa mengakui pada diri sendiri bahwa kita membutuhkan bantuan. Kemudian, dari situlah, kolaborasi perlu dijalankan.

Manfaat kolaborasi bisnis seperti ini, membantu kamu membagi beban kerja yang berat, menemukan solusi kreatif untuk masalah sulit, dan memahami gambaran besarnya. 

#5 Menghasilkan Win-Win Solution

Keterbatasan sumber daya yang dimiliki antar perusahaan justru bisa menjadi alasan utama untuk berkolaborasi. Kelemahan perusahaan akan ditutup dengan kelebihan perusahaan lain. Begitu juga sebaliknya.

Dalam beberapa kasus sebuah proyek bisnis, keadaan seperti ini akan saling menguntungkan kedua belah pihak. Ketika perusahaan saling merasa diuntungkan, maka proyek bisnis atau pekerjaan yang akan dijalankan akan berlangsung lancar. 

Itulah manfaat kolaborasi bisnis yang akan diperoleh bagi perusahaan. Kolaborasi bukan kompetisi!