Resources

Penting! 5 Kelebihan Wanita dalam Membangun Bisnis

Jangan merasa minder untuk kamu wanita yang ingin membangun bisnis. Berikut kelebihan wanita dalam membangun bisnis. Simak, yuk!
kelebihan wanita dalam membangun bisnis

Tidak hanya para pria yang bisa menjadi pebisnis sukses, wanita juga bisa, justru banyak kelebihan wanita dalam membangun bisnis, lho.

Mungkin saat kamu mendengar kata “pengusaha” atau “pebisnis” lebih identik dengan dunianya pria. Namun, nyatanya banyak juga wanita yang memilih menjadi pebisnis.

Ketahui tentang kelebihan wanita dalam membangun bisnis di artikel berikut ini.

Baca juga: Wajib Tahu! 8 Alasan Pemimpin Perempuan Dibutuhkan dalam Perusahaan

Kelebihan Wanita dalam Membangun Bisnis

Buat para wanita, jangan merasa minder dulu saat membangun bisnis. Berikut ini ialah kelebihan wanita dalam membangun bisnis yang perlu kamu ketahui.

#1 Mampu membangun relasi dengan cepat

Faktanya nih, secara ilmiah, wanita lebih butuh bersosialisasi daripada pria. Sehingga, untuk menyalurkannya, tidak jarang wanita mengikuti berbagai kegiatan. Misalnya, seperti arisan atau bergabung dengan komunitas.

Tanpa disadari, mereka membangun relasi. Sehingga, bukan hal yang tidak mungkin jika wanita bisa berpotensi membangun bisnisnya lebih baik. 

Jadi, buat kamu nih, yang memiliki banyak relasi, manfaatkanlah relasi tersebut, ya!

#2 Lebih mudah bernegosiasi

Hayo, siapa di sini yang jago dalam tawar-menawar? Biasanya para wanita lebih jago nih, dalam hal tawar menawar saat berbelanja, hihi.

Sama halnya seperti tawar menawar, wanita juga lebih mudah dalam bernegosiasi, lho. Saat kondisi tertentu, wanita lebih efektif saat melakukan negosiasi daripada pria. 

Tentu saja dong, dalam dunia bisnis, skill bernegosiasi akan selalu dibutuhkan. Keahlian ini penting untuk bernegosiasi dengan partner bisnis atau calon konsumen. 

#3 Lebih tangguh

Kelebihan wanita dalam membangun bisnis selanjutnya yaitu, ketangguhannya.

Membangun bisnis memang tidak mudah karena banyak tantangan yang akan dihadapi. Tapi, jangan salah, ya. Menurut dari peneliti Virginia Zarulli, “Bayi perempuan lebih tangguh dibandingkan bayi laki-laki”.

Jadi, menghadapi berbagai tantangan dalam membangun bisnis bukanlah masalah untuk wanita.

Baca juga: Penting! 4 Tips Mengembangkan Usaha untuk Pengusaha Wanita

#4 Cenderung tidak egois

Kelebihan wanita dalam membangun bisnis selanjutnya yaitu, cenderung tidak egois. Ego wanita cenderung lebih rendah dibandingkan pria.

Faktanya, kesuksesan dalam bisnis bisa diraih jika mampu mengontrol ego dalam diri. Terlebih lagi, jika kamu melibatkan banyak orang dalam membangun bisnis kamu. Ini tentu saja membuatmu perlu menekan ego pribadi.

Hal tersebut bertujuan agar kerjasama yang dibangun dapat berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan bisnis.

#5 Intuisi wanita lebih baik

Kelebihan wanita lainnya dalam membangun bisnis yaitu, intuisinya yang lebih baik dibandingkan pria. 

Menurut dari penelitian Daniel G. Amen, penulis buku Unleash The Power Of The Female Brain, wanita lebih baik dalam membaca isyarat, seperti bahasa tubuh bahkan nada suara. Dengan kelebihan tersebut, wanita bisa lebih mengantisipasi situasi tertentu lebih awal.

Jadi, itulah kelebihan-kelebihan wanita dalam membangun bisnis. Yuk, bagi kamu wanita yang ingin membangun bisnis, udah deh, nggak usah minder lagi!