Resources

5 Jenis Iklan di TikTok Ads yang Pebisnis Harus Ketahui!

jenis tiktok ads

Ingin mengiklankan produk di TikTok? Bila ya, kamu harus ketahui dulu jenis-jenis TikTok Ads yang paling sering dimanfatkan untuk bisnis.

Sejatinya, sekarang ini beriklan di TikTok merupakan salah satu strategi digital marketing yang efektif untuk UMKM.

Sebab, pengguna aktif TikTok saat ini mencapai angka satu miliar per bulan, lho. Jadi, iklan yang kamu pasang di platform tersebut bisa menggaet banyak audiens dalam waktu singkat.

Tak hanya itu, biaya yang perlu dikeluarkan untuk promosi juga tidak banyak, sehingga kamu bisa menghemat uang untuk kebutuhan lainnya.

Meskipun demikian, kamu harus mengenal jenis TikTok ads terlebih dahulu supaya iklan yang kamu terbitkan bisa tepat sasaran.

Nah, berikut ini adalah daftar dan penjelasan mengenai macam-macam iklan TikTok ads yang harus kamu ketahui. Yuk, disimak!

5 Jenis TikTok Ads

jenis tiktok ads

Seperti yang sudah dijelaskan, memahami jenis-jenis iklan di TikTok ads, bakal membantumu dalam menyesuaikan tipe iklan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Berikut pemaparan mengenai macam-macam iklan di TikTok ads yang dapat kamu manfaatkan.

1. In-feed video

Jenis TikTok ads yang pertama adalah In-feed video.

In-feed video merupakan media promosi yang akan muncul saat pengguna sedang scrolling di feeds atau menonton konten di TikTok.

Perbedaannya dengan konten TikTok yang biasa kamu lihat adalah tulisan promoted beserta tombol yang mengarahkan pengguna untuk mengunjungi tautan milik pembuat iklan.

Jika ingin membuat jenis iklan ini, kamu harus bisa membuat konten menarik disertai dengan kualitas editing yang baik.

Selain itu, jangan lupa untuk sertakan call to action (CTA) yang jelas supaya pengguna bisa tertarik untuk membeli, sebagai contoh dengan menyelipkan kata atau tombol “Shop Now“.

2. Brand Takeover

Jenis TikTok ads berikutnya yang sering digunakan oleh banyak pebisnis adalah Brand Takeover.

Saat membuka aplikasi TikTok, pasti kamu akan mendapatkan tayangan video pendek berdurasi 3 sampai 5 detik dari suatu brand. Nah, konten inilah yang dinamakan dengan TikTok ads Brand Takeover.

Jenis iklan ini bertujuan untuk kamu yang ingin menambah traffic menuju halaman website atau profil TikTok.

Cara membuatnya juga cukup simpel. Kamu tinggal mencantumkan URL website bisnis atau URL akun TikTok dalam tayangan iklan tersebut sebagai trik untuk menggaet audiens.

3. Hashtag Challenge

Hashtag challenge merupakna jenis TikTok ads selanjutnya yang kerap digunakan oleh para pebisnis.

Tipe video ini sejatinya cukup serupa dengan konten yang sering kamu lihat di TikTok.

Bedanya adalah topik konten mengacu pada tantangan atau challenge viral yang bakal mendorongmu untuk menggunakan hashtag tertentu.

Strategi konten ini dinilai sebagai cara yang cepat untuk mempromosikan produk. Sebab, hashtag tersebut akan membuat video mudah dilihat oleh audiens yang berada dalam niche-mu.

Tak hanya itu, pengguna juga bakal ikut terpancing untuk mengikuti challenge dalam iklan. Sehingga, videomu bisa menjadi viral dalam waktu singkat.

Untuk membuat jenis iklan ini, kamu bisa coba mengunjungi halaman Discovery yang berada di aplikasi TikTok.

Di sana, terdapat banyak daftar hashtag beserta challenge yang ditampilkan dan bisa diikuti oleh pengguna.

4. Branded Augmented Reality (AR)

Jenis TikTok ads lainnya adalah Branded Augmented Reality atau AR. 

Pada dasarnya, TikTok dianggap menarik karena format video singkat beserta ketersediaan stiker disertai filter.

Nah, kamu sebagai pebisnis bisa meningkatkan brand awareness dengan membuat stiker dan filter unik yang menunjukkan identitas brand.

Dengan begitu, stiker yang nantinya diluncurkan tersebut bisa menarik perhatian pengguna TikTok untuk ikut mencobanya.

Inilah yang dinamakan dengan Branded Augmented Reality. Menarik bukan?

5. TopView Ads

Jenis TikTok ads yang terakhir merupakan TopView Ads, adalah iklan berupa video pertama yang dilihat oleh pengguna TikTok dalam feeds mereka.

Jika kamu ingin meningkatkan personal branding bisnis, kamu dapat menggunakan jenis iklan TikTok ini.

Namun, perlu diingat bahwa konten ini bisa mencapai 60 detik, jadi kamu harus membuat video yang mampu menarik perhatian, tapi, tetap bisa menghibur target audiens.

Nah, itulah kelima jenis iklan TikTok ads yang bisa kamu manfaatkan untuk keperluan promosi bisnis. Kira-kira, mana tips iklan yang bakal kamu gunakan?