Resources

Memanfaatkan Instagram untuk Bisnis Melalui Strategi Ini

Mau brand kamu viral di media sosial? Kamu bisa memanfaatkan strategi Instagram untuk bisnis berikut ini.
instagram untuk bisnis

Di era yang serba digital ini, sangat memudahkan pebisnis dalam melakukan pemasaran. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan Instagram untuk bisnis. Selain mudah, pemasaran melalui Instagram juga cepat dan mampu menjangkau audiens yang lebih luas.

Media sosial yang menyajikan konten berupa visual ini dianggap lebih menarik perhatian pelanggan terhadap suatu produk. Berikut ini adalah keuntungan dan strategi yang bisa diterapkan untuk promosi di Instagram. 

Keuntungan Instagram untuk Bisnis

instagram untuk bisnis

Ada tiga keuntungan yang didapatkan jika kamu menggunakan Instagram untuk bisnis.

1. Promosi yang Mudah

Pebisnis akan menemukan banyak kemudahan dalam melakukan promosi menggunakan Instagram. Terlebih, Instagram telah memiliki fitur yang mendukung pelaku usaha dalam mempromosikan jualannya. Di antaranya adalah Instagram ads, katalog bisnis, dan fitur lainnya yang mempermudah promosi. 

2. Jangkauan yang Luas

Dengan bertambahnya pengguna Instagram setiap bulan, jangkauan audiens juga akan semakin meluas. Tidak hanya mencakup wilayah di Indonesia, tapi juga pengguna di luar negeri. Jadi, sangat memungkinkan untuk memperluas jangkauan pelangganmu hingga ke luar negeri. 

3. Bermanfaat untuk Analisis Target Pasar

Instagram menyediakan fitur statistik hari dan jam yang bertujuan memberikan info waktu terbaik untuk mengunggah konten. Fitur wawasan (explore) juga membantumu dalam mengenali audiens untuk mengoptimalkan manajemen konten. 

Strategi Penggunaan Instagram untuk Bisnis

Terdapat lima strategi yang bisa kamu terapkan dalam mengoptimalkan Instagram untuk bisnis. Yuk, simak berikut ini. 

1. Menentukan Tema Konten

Tidak hanya berfokus pada penjualan, kamu juga harus menentukan tema konten untuk ditampilkan di Instagram. Sangat penting untuk membuat rancangan tema konten agar pengikut tidak bosan. Dengan memberikan konten yang berbeda, dapat membantu kamu mencapai objektif yang beragam. 

2. Membuat Panduan Konten

Untuk membedakan brand kamu dengan yang lain, cobalah untuk membuat content guidelines. Tujuannya, agar brand kamu lebih berkesan dan mudah diingat oleh audiensmu. Contoh content guidelines adalah penggunaan bahasa untuk berinteraksi dengan audiens, penggunaan ilustrasi untuk konten, dan sebagainya. 

3. Selalu Menggunakan Caption

Selain mementingkan konten visual, jangan sampai kamu melupakan caption atau keterangan di setiap unggahan. Caption berfungsi untuk memberikan konteks, storytelling, dan membantu berinteraksi dengan audiens. 

4. Memperhatikan Waktu Unggah Konten

Tetapkanlah waktu untuk upload konten. Tujuannya, agar tidak mengganggu para pengikut dengan meng-upload konten yang berlebihan. Kamu bisa melakukan tes pada waktu yang berbeda untuk menentukan kapan saat yang tepat untuk upload

Setelah itu, lihat hasil unggahan yang memiliki engagement paling tinggi. Kemudian, kamu sudah bisa untuk menetapkan waktu mengunggah konten. Jangan lupa untuk menjadwalkan setiap konten pada waktu yang berbeda. 

5. Menggunakan Gaya Visual yang Konsisten

Untuk membantu kamu konsisten dalam menggunakan gaya visual, gunakan aplikasi editing foto yang menyediakan pilihan efek. Tujuannya adalah agar audiens mudah mengenali gaya foto brand kamu. Gaya visual sangat berpengaruh dalam meningkatkan likes dan komentar. 

Dari kelima strategi penggunaan Instagram untuk bisnis di atas, apa saja yang sudah kamu terapkan?