Resources

Modal Minimal Cuan Maksimal, Pertimbangkan 20 Usaha Franchise ini!

Bisnis franchise memang kian menjamur saat ini. Apakah kamu tertarik untuk membelinya? Simak artikel berikut ini mengenai franchise murah menjanjikan di Indonesia.
franchise murah menjanjikan

Banyak rekomendasi franchise murah menjanjikan yang dapat kamu beli, loh.

Bisnis franchise atau waralaba memang menggiurkan karena seseorang tidak perlu memulai bisnis dari nol. Sistem waralaba memungkinkan kita untuk menjual sesuatu menggunakan merek yang biasanya sudah banyak dikenal orang, sehingga pelaku franchise tidak perlu mengeluarkan biaya, waktu, dan tenaga ekstra untuk membangun brand.

Saat ini, banyak brand yang menawarkan bisnis waralaba ini, mulai dari franchise luar bermodalkan ratusan hingga miliaran rupiah hingga waralaba lokal dengan modal di bawah Rp20 juta.

Berikut kami rangkum 20 franchise murah menjanjikan untuk membantumu menentukan pilihan.

Baca juga: Ingin Menjadi Waralaba yang Sukses? Ikuti 9 Tips Ini!

#1 Crepes

Franchise murah menjanjikan yang pertama yaitu, Crepes.

Crêpe atau crepes dipercaya berasal dari Perancis. Makanan yang sekilas mirip martabak manis dengan tekstur tipis dan renyah ini, popularitasnya bisa dibuktikan dengan outlet-outlet yang bisa ditemui di berbagai pusat perbelanjaan atau mall.

Sayangnya, tidak semua merek crepes menawarkan sistem waralaba, termasuk brand yang paling populer D’crepes.

Tapi, tenang saja, ada pilihan brand lain yang bisa kamu pertimbangkan. Salah satunya, Candy Crepes yang menawarkan franchise murah menjanjikan dengan modal di bawah Rp10 juta untuk menggunakan mereknya.

Merek lain yang bisa masuk daftar pertimbanganmu adalah Royal Crepes dengan modal yang berkisar antara Rp7 juta hingga Rp15 juta.

#2 Jamur Crispy

Jamur crispy berbagai rasa merupakan makanan yang populer yang bisa ditemukan mulai dari pinggir jalan hingga kantin sekolah.

Jika kamu tertarik membuka franchise makanan berbahan dasar jamur ini, ada beberapa merek yang menawarkan sistem waralaba.

Salah satunya adalah Jamur Krispy Mister R yang menawarkan franchise mereknya dengan modal mulai dari Rp6 juta saja. Kemudian, Jamur Kriwil Bu Ani yang menawarkan paket kemitraan usaha mulai dari harga Rp3,5 juta hingga Rp7,5 juta.

#3 Tahu

Franchise murah menjanjikan selanjutnya yaitu, tahu.

Tahu dan olahannya merupakan favorit banyak orang. Hal ini tentu saja tidak lepas dari pengamatan para pengusaha yang melihat kesempatan bisnis. Bisnis ini cukup menjanjikan dari berjualan makanan atau makanan berbahan tahu.

Salah satu merek yang menawarkan sistem franchise ini adalah Tahu Go!. Bermula dari jajanan gerobak, Tahu Go! menawarkan sistem kemitraan dengan modal Rp 19.5 juta, belum termasuk tempat jualan, ya.

Kemudian, ada juga Tahu Gila yang menyediakan 13 pilihan rasa bumbu dan kesempatan franchise dengan modal mulai dari Rp5,7 juta hingga Rp9,5 juta.

#4 Kebab

Makanan asal Timur Tengah yang populer di Indonesia ini juga dilirik banyak pengusaha. Kebab yang menawarkan sistem franchise untuk merek dagangnya adalah Baba Rafi, Ali Baba, Kebab Corner, Kebab Kings dan masih banyak lagi. Investasi yang diperlukan untuk bergabung dengan berbagai franchise kebab itu pun bervariasi. Jika kamu berminat untuk membuka franchise kebab kamu perlu mempersiapkan modal mulai dari Rp7 juta hingga Rp75 juta, lho.

#5 Kopi

Sebagai salah satu produsen kopi terbesar di dunia, wajar jika kopi sudah jadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan mayoritas masyarakat di negara ini. Tidak heran banyak yang melihat potensi bisnis yang besar dari komoditas satu ini.

Dalam upaya untuk memonetisasi potensi tersebut, muncullah berbagai merek kopi kekinian dengan konsep yang berbeda-beda.

Ada puluhan merek dagang kopi yang menawarkan sistem franchise, kamu tinggal memilih mana yang sesuai dengan budget-mu. Beberapa franchise kopi kekinian itu menawarkan paket kemitraan, mulai dari harga di bawah Rp5 juta hingga puluhan juta rupiah.

#6 Seblak

Makanan asal Jawa Barat ini tentu sudah tidak asing lagi. Tidak heran jika seblak ini dijadikan sebagai ladang bisnis.

Makanan rakyat yang populer ini terdiri atas dua jenis, yaitu seblak basah dan seblak kering. Seblak basah memiliki tekstur yang kenyal dan lengket dengan rasa pedas. Sementara, seblak kering yang jarang ditemukan merupakan kerupuk pedas yang mirip dengan basreng atau baso goreng.

Salah satu merek dagang seblak yang terkenal adalah Seblak Kang Dana. Dengan mengeluarkan modal mulai dari Rp5,5 juta, kamu sudah bisa membeli franchise satu ini.

Ada juga Seblak Coy yang lebih memilih menawarkan paket kemitraan dengan modal minimal Rp20 juta hingga Rp60 juta.

#7 Ayam Goreng Tepung

Franchise murah menjanjikan lainnya yaitu, ayam goreng tepung. Kenikmatan ayam goreng tepung atau fried chicken tidak mungkin salah.

Meskipun sajiannya terkesan sama saja, tetapi rasa yang dihasilkan dari sejumlah penjual ayam tepung goreng akan berbeda. Cita rasa yang khas tersebut juga bisa menjadi ciri khas tersendiri dari sang penjual atau merek.

Adapun beberapa contoh bisnis waralaba ayam tepung goreng yaitu, Labaik Chicken, Sabana, Kuku Kriuk, Hisana Crispyku, D’besto, dan masih banyak lagi. Untuk membuka bisnis ini masing-masing brand, dibutuhkan modal usaha yang berbeda mulai dari Rp3 juta sampai Rp 15 juta.

#8 Bubble Drinks

Sampai saat ini minuman bubble masih menjadi primadona sehingga tak heran jika banyak orang berbondong-bondong membuka bisnis waralaba ini.

Bubble drinks merupakan minuman yang mempunyai banyak rasa seperti teh, kopi, cokelat, dan masih banyak lagi dengan butiran tapioka atau boba di dalamnya.

Beberapa merek waralaba bubble drink yang populer adalah Lup lup Bubble Milk Tea, Nyot Nyot Thai Tea, Fat Boba Drink, Dum Thai Tea, Mobo Thai Tea, dan masih banyak lagi. Untuk membuka bisnis ini kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang sangat besar. Biayanya mulai dari Rp500 ribu hingga Rp3,5 juta saja.

#9 Donat

Terdapat beberapa merek donat yang menawarkan sistem franchise untuk si roti bulat yang bolong di tengah ini.

Beberapa yang mungkin bisa kamu pertimbangkan. Di antaranya, Donat Bakar yang membutuhkan modal mulai dari Rp7,5 juta, Donat Lukis dengan modal mulai dari Rp5 juta, Call Donat dengan modal mulai dari Rp20 juta hingga PDO donat kentang dengan modal mulai dari Rp9 juta.

#10 Es Cappuccino Cincau

Salah satu alasan kamu harus mempertimbangkan bisnis di bidang minuman adalah karena semua orang membutuhkan minum. Air putih saja tidak cukup. Konsumen selalu ingin mencari yang berbeda, enak, dan segar.

Salah satunya adalah capcin atau cappuccino cincau. Sesuai namanya, ini adalah bisnis minuman dengan mengkombinasikan kopi cappuccino yang enak dengan cincau yang segar dan sehat.

Modal untuk franchise capcin tidaklah besar. Hanya dengan Rp3,65 juta untuk paket lengkap dan Rp2,85 juta untuk paket tanpa meja.

#11 Es Cendol atau Dawet

Es cendol atau dawet adalah salah satu minuman asli Indonesia yang saat ini sedang naik daun. Pasalnya, banyak yang mulai membuat variasi dari minuman tradisional yang dipercaya berasal dari Jawa ini, sehingga lebih modern.

Salah satunya Radja Cendol yang menggantikan santan dalam minuman ini dengan susu, kemudian dawet kemayu.

Keduanya menawarkan sistem franchise murah menjanjikan dengan modal awal mulai dari Rp6,75 juta untuk Radja Cendol dan Rp3,9 juta untuk Dawet Kemayu.

#12 Es Jus

Es jus merupakan minuman sehat yang digemari banyak orang dan cocok untuk semua kalangan. Untuk membuatnya pun sangat gampang, termasuk membangun bisnis waralabanya.

Hanya butuh modal awal kurang dari Rp5 juta saja, kamu sudah bisa membuka bisnis waralaba es jus, lho.

#13 Hotdog dan Burger

Hotdog dan burger merupakan makanan barat yang terkenal di Indonesia dan mempunyai banyak peminat. Oleh karena itu, ada banyak orang yang berlomba-lomba untuk membuka bisnis franchise murah menjanjikan ini.

Hanya dengan modal mulai dari Rp3,5 sampai Rp5,5 kamu sudah bisa membuka usaha waralaba hotdog dan burger.

#14 Jagung Susu Keju

Jagung susu keju merupakan franchise murah menjanjikan. Jagung susu keju atau jasuke merupakan salah satu makanan atau camilan yang berbahan dasar jagung. Makanan ini bisa dengan mudahnya dijumpai di sekitaran sekolah.

Untuk memulai bisnis waralaba jagung susu keju kamu hanya perlu mengeluarkan biaya modal sebesar Rp2,7 saja dengan memakai boothyang diberikan oleh perusahaan.

#15 Martabak Mini

Martabak mini adalah salah satu makanan lezat yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Salah satu merek atau penjual martabak mini adalah Martabak Mini Rainbow.

Untuk membuka bisnis waralaba bersama Martabak Mini Rainbow, kamu hanya perlu mengeluarkan modal awal sebesar Rp5,7 juta

#16 Siomay

Siomay adalah salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, ada banyak pelaku bisnis yang membuat usaha waralaba untuk makanan ini. Salah satu usaha waralaba siomay yang terkenal adalah Siomay Youlagi.

Untuk bisa membuka bisnis waralaba bersama Siomay Youlagi, kamu hanya perlu mengeluarkan modal awal sebesar Rp1 jutasampai Rp6 juta saja.

#17 Sosis Bakar

Sosis bakar merupakan salah satu makanan favorit yang terbuat dari daging sosis, kemudian dibakar. Sosis bakar ini bisa dijadikan sebagai camilan lezat untuk anak-anak sampai orang dewasa.

Selain cocok sebagai camilan lezat, sosis bakar juga cocok untuk dijadikan usaha waralaba. Terdapat salah satu usaha yang menawarkan bisnis waralaba dengan modal awal hanya Rp5,6 juta yaitu Kingkong Sosis.

#18 Takoyaki

Tidak hanya makanan Indonesia saja yang populer untuk dijadikan sebagai bisnis waralaba tetapi ada juga makanan asal Jepang yaitu takoyaki. Makanan berbentuk bulat ini sukses menggoda lidah orang Indonesia. Adapun beberapa merek atau penjual takoyaki yaitu Takoyaki Yakienak, Koki Takoyaki, Mister Tako, dan masih banyak lagi. Untuk membuka bisnis waralaba takoyaki, kamu hanya perlu mengeluarkan modal awal sebesar Rp2 juta hingga Rp20 juta.

#19 Teh

Selain kopi, teh juga merupakan minuman populer di Indonesia. Bahkan menurut laporan Koran Kompas, tingkat konsumsi teh di Indonesia akan tumbuh rata-rata 2,5% setiap tahunnya.

Oleh karena itu, banyak orang sudah mulai berlomba-lomba untuk membuka bisnis teh. Ada dua pilihan franchise minuman berbasis teh yang bisa kamu pertimbangkan adalah Teh Tongji dan Esteh Indonesia. 

Kamu hanya perlu mengeluarkan modal awal sebesar Rp3 juta sampai Rp6 juta untuk teh Tongtji dan Rp12 juta untuk Esteh Indonesia

#20 Korean Street Food

Bisnis franchise makanan Korea kian menjamur. Makanan Korea sangat dicintai seiring dengan menjamurnya minat masyarakat Indonesia dengan segala hal yang berbau K-pop. Ini dapat menjadi peluang bagi kamu untuk merambah usaha di bidang makanan Korea.

Untuk membuka franchise makanan Korea membutuhkan modal yang tidak terlalu besar. Kimbab Ina dengan Paket Agasi Korean Street Food hanya membutuhkan modal Rp7 juta. Ada juga Posarang Korean BBQ yang menawarkan franchise mulai dari Rp40 juta.

Itulah 20 rekomendasi franchise murah menjanjikan yang dapat membantu kamu untuk mempertimbangakan dalam membeli franchise.