Resources

4 Kegunaan Mencatat Absensi Manual Serta Contoh Laporannya

contoh laporan absensi online

Bisnismu masih menggunakan sistem absensi manual? Butuh contoh tabel absensi manual?

Laporan kehadiran karyawan sangat dibutuhkan untuk mempermudah pemilik usaha atau HR melacak kehadiran karyawan. Laporan tersebut menunjukkan rekap kehadiran karyawan dalam periode tertentu, seperti harian, mingguan, hingga tahunan.

Tanpa adanya sistem absensi karyawan yang baik, maka sulit bagi HR untuk melacak waktu dan kehadiran karyawan. Banyak sistem absensi yang bisa diterapkan, seperti sistem absensi manual atau online.

Namun, beberapa perusahaan masih menggunakan lembar absensi karyawan secara manual. Biasanya digunakan untuk bisnis dengan jumlah karyawan yang masih sedikit.

Nah, artikel berikut ini akan memberikan ulasan lebih lanjut mengenai kegunaan hingga contoh tabel absensi manual.

Kegunaan Laporan Absensi Karyawan

contoh laporan absensi online

Sebelum mengetahui contoh tabel absensi manual, berikut ini ialah kegunaan dari laporan absensi karyawan.

#1 Menandai waktu kedatangan dan pulang karyawan

Karyawan wajib untuk melakukan absensi clock-in dan clock-out mereka. Dengan demikian, baru bisa diketahui siapa yang datang tepat waktu, terlambat, pulang lebih cepat hingga yang sering lembur. 

Karyawan yang memiliki kedisiplinan tinggi tentu akan sangat menguntungkan demi kemajuan bisnis.

#2 Menghitung jumlah waktu kerja karyawan

Rekapitulasi periodik laporan kehadiran karyawan yang baik memudahkan kamu untuk menghitung total waktu kerja yang dihabiskan karyawan. 

Kamu bisa menganalisis waktu kerja tersebut terhadap capaian target kerja karyawan. Sehingga, untuk selanjutnya bisa lebih mengelola dan mengalokasikan dengan tepat beban kerja yang karyawan ambil. 

Hal tersebut akan membuat tingkat produktivitas karyawan bertambah.

#3 Melacak jumlah hari ketidakhadiran karyawan

Pemilik usaha atau HR harus mampu mengelola jumlah kehadiran karyawan tetap stabil. Hal itu agar ketidakhadiran mereka tidak mengganggu berjalannya bisnis.

Pengelolaan ini berpedoman pada data jumlah hari tidak hadir tanpa keterangan, izin sakit, cuti, dinas dan libur. Apalagi, setiap tahun selalu ada masa musim cuti karyawan. Data tersebut bisa jadi acuan dalam prioritas pemberian cuti karyawan.

#4 Pedoman perhitungan gaji dan tunjangan

Jumlah kehadiran karyawan setiap bulannya menjadi acuan dalam perhitungan gaji. 

Dalam slip gaji ,umumnya disertai dengan data lembur dan ketidakhadiran. Sehingga, karyawan dapat mengetahui bahwa jumlah upah yang mereka terima sudah sesuai dengan jam kerja mereka.

Contoh Tabel Absensi Manual

Supaya proses pembuatan laporan absensi karyawan bisa dilakukan dengan benar. Berikut ini adalah contoh laporan excel absensi karyawan mingguan, bulanan dan tahunan. Kamu bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

Kamu bisa melihat contoh tabel absensi manual di sini.

Nah, itulah kegunaan serta contoh laporan absensi manual. Namun, sebenarnya, kamu bisa memanfaatkan teknologi sehingga tidak perlu repot-repot menuliskan segara manual.

Sudah saatnya kamu beralih ke sistem pencatatan kehadiran online. Sebab, jika menggunakan absensi online, akan lebih membantu kamu dalam pencatatan laporan absensi manual yang banyak menghabiskan waktu.

Ada GajiTim yang akan membantumu dalam digitalisasi sistem absensi usahamu. Dengan GajiTim, kamu bisa mendapatkan kemudahan.

Entah berapa pun jumlah karyawanmu, kamu bisa memanfaatkan GajiTim GRATIS!

Kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi GajiTim untuk usahamu dengan jumlah karyawan kurang dari 10 orang. Namun, jika jumlah karyawanmu lebih dari 10 orang, gunakan website GajiTim untuk memudahkanmu mengatur data karyawan. Coba GajiTim sekarang, yuk!

contoh laporan absensi online