Resources

Format dan Contoh Slip Gaji untuk Karyawan

Masih bingung dalam membuat slip gaji karyawan? Berikut ini adalah format dan contoh slip gaji.
contoh slip gaji

Menjelang akhir bulan, perusahaan dan pemberi kerja sudah harus menyiapkan slip gaji untuk para karyawan. Bagi kamu yang belum tahu format pengisian slip gaji, GajiTim akan memberikan contoh slip gaji karyawan untuk memudahkan pengisiannya setiap bulannya. 

Selain untuk memberikan rincian gaji yang diterima oleh karyawan, slip gaji juga berfungsi sebagai laporan keuangan perusahaan dan bukti resmi penggajian yang sah. Berikut ini adalah pengertian, fungsi dan contoh slip gaji karyawan. 

Pengertian dan Fungsi Slip Gaji

contoh slip gaji

Slip gaji adalah dokumen berupa bukti resmi penerimaan gaji yang diterima oleh karyawan dari pemberi kerja. Di dalam slip gaji tersebut, terdapat beberapa informasi yang berkaitan dengan penghasilan karyawan. Mulai dari jumlah gaji pokok, tunjangan, sampai dengan potongan pajak PPh 21. 

PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, pasal 17 ayat 2 menyebutkan bahwa pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah yang diterima oleh pekerja buruh pada saat upah dibayarkan. Maka dari itu, jangan sampai lupa untuk menyiapkan dokumen slip gaji untuk para karyawan, ya! 

Adapun fungsi dari slip gaji untuk perusahaan adalah untuk dokumentasi pencatatan pengeluaran gaji yang dibayarkan perusahaan. Selain itu, slip gaji juga berfungsi sebagai laporan keuangan perusahaan dan bukti resmi bahwa pemberi kerja telah membayarkan gaji kepada karyawannya. 

Sementara itu, fungsi slip gaji bagi karyawan adalah sebagai bentuk transparansi perusahaan kepada karyawan. Dengan adanya slip gaji, perusahaan membantu karyawan untuk mengetahui rincian dan komponen gaji lainnya dengan cermat. Nantinya, dokumen ini bisa untuk pendukung saat ingin mengajukan KPR atau cicilan lainnya. 

cara hitung absensi manual

Format Isi Slip Gaji

Dalam membuat slip gaji sudah ada format yang disesuaikan dengan ketentuan dari perusahaan. Formatnya adalah sebagai berikut 

1. Nama dan logo perusahaan sebagai identitas dari pemberi kerja.

2. Pernyataan kerahasiaan dokumen. 

3. Data karyawan yang meliputi nama lengkap, nomor induk karyawan, jabatan dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). 

4. Tanggal pembayaran gaji.

5. Rincian gaji yang meliputi: gaji pokok, tunjangan, potongan gaji, uang lembur, dan komisi

Contoh Slip Gaji

Agar kamu memiliki gambaran seperti apa slip gaji, berikut ini adalah beberapa contoh dari slip gaji 

contoh slip gaji (sumber: pinterest)
contoh slip gaji (sumber: kabarsip)

Kamu masih bikin slip gaji secara manual setiap bulan? Sekarang nggak perlu khawatir karena GajiTim punya fitur gratis untuk membuat slip gaji. Fitur ini memberikanmu kemudahan dalam membuat dan membagikan slip gaji karyawan secara otomatis.

Coba bikin slip gaji untuk karyawanmu dengan GajiTim sekarang!