Resources

Cara Mudah Pasang Iklan di YouTube untuk Promosi Bisnis

cara pasang iklan di youtube

Mau tahu cara pasang iklan di YouTube? Tenang saja, langkah-langkahnya mudah banget, kok.

Saat ini, YouTube menempati peringkat pertama sebagai platform media sosial yang paling sering dikunjungi oleh pengguna internet.

Dengan 88% pengguna aktif media sosial di Indonesia saja, tidak mengherankan jika YouTube sering disebut sebagai search engine terbesar kedua setelah Google.

Bahkan, setiap harinya, video di YouTube ditonton lebih dari 1 miliar jam oleh ratusan juta orang di seluruh penjuru dunia.

Dengan berbagai statistik ini, tidak bisa dipungkiri bahwa YouTube Ads atau iklan YouTube bisa menjadi sarana digital marketing yang sangat baik untuk brand dan juga para pelaku bisnis.

Memanfaatkan platform tersebut bisa menjadi inisiatif jitu untuk promosi produk UMKM dan menjangkau audiens baru.

Maka dari itu, untuk kamu yang ingin coba pasang iklan di YouTube, yuk, simak langkah-langkah lengkapnya di bawah ini!

Cara Pasang Iklan di YouTube

Sebelum memasang iklan, hal pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah mengunggah video ke dalam YouTube.

Setelah itu, kamu baru bisa memasang iklannya dengan membuat campaign melalui Google Ads di Youtube Advertising.

Nah, berikut ini ialah cara pasang iklan di YouTube, yang bisa kamu ikuti.

cara pasang iklan di youtube
  • Pertam-tama, buka laman YouTube Advertising dan klik tombol Start Advertising.
  • Selanjutnya, kamu akan dialihkan ke halaman untuk memulai pemasangan iklan YouTube.
  • Cara pasang iklan di YouTube berikutnya adalah dengan klik Get Started dan masukan URL video iklan YouTube yang kamu upload sebelumnya. Lalu, pilih bagaimana kamu ingin menampilkan YouTube Ads kamu.
  • Masukkan juga URL halaman landing page website yang akan terbuka ketika penonton mengklik iklan dan di mana kamu ingin menampilkan iklan tersebut.
  • Setelah memilih dua pilihan tersebut, klik tombol Berikutnya. Kemudian, pilih lokasi dan bahasa target audiens. Kamu bisa memasukkan beberapa bahasa sekaligus.
cara pasang iklan di youtube
  • Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memilih demografi dari target audiens berdasarkan gender, usia, dan status keluarga.
  • Di halaman selanjutnya, kamu bisa menentukan apakah ingin menjangkau target audiens yang lebih spesifik. Jika tidak, pilih pilihan Jangkau orang dengan minat seluas mungkin.
  • Kemudia, tentukan anggaran atau budget yang tepat. Kamu bisa memasukkan anggaran harian dan melihat estimasi performa mingguan dari iklan.
  • Setelah menentukan budget, cara pasang iklan di YouTube selanjutnya adalah meninjau ulang semua pilihan yang sudah kamu pilih.
  • Terakhir, kamu hanya perlu melakukan pembayaran melalui credit card atau transfer bank dan iklan YouTube bakal langsung terpasang.

Itulah cara pasang iklan di YouTube yang perlu kamu lalui. Cukup mudah, bukan? Selamat mencoba, ya!