Resources

7 Cara Hebat Mengatasi Kenaikan Harga Bahan Baku dan Bahan Bakar

Bingung gimana cara mengatasi harga bahan baku yang naik? Simak di sini!
cara menyiasati kenaikan harga bahan baku

Pusing harga bahan baku naik? Kamu harus tahu cara menyiasati kenaikan harga bahan baku.

Saat ini, ada bermacam-macam barang yang harganya mulai naik. Ini membuat bukan hanya konsumen yang panik, sebagai pengusaha juga akan merasakan dampaknya. Apalagi, yang ikut naik tersebut termasuk bahan baku usaha.

Tentu saja kenaikan harga ini membuat para pemilik bisnis bekerja keras memutar otak agar bisa beradaptasi dengan kondisi itu. Eits, tapi, tenang aja, kamu bisa kok menyiasati kenaikan harga bahan baku tersebut.

Artikel berikut ini akan memberi tahu kamu cara menyiasati kenaikan harga bahan baku. Jadi, wajib disimak, ya!

Cara Menyiasati Kenaikan Harga Bahan Baku

cara menyiasati kenaikan harga bahan baku

Para pelaku usaha bisa mengambil langkah-langkah alternatif saat harga bahan baku mengalami kenaikan, berikut caranya:

#1 Ikut menaikkan harga produk

Cara menyiasati kenaikan harga bahan baku dengan ikut menaikkan harga produk. Langkah umum ini yang paling sering dilakukan oleh pelaku usaha. Tapi, langkah tersebut memiliki risiko yang besar. Perubahan harga produk ini bisa berdampak pada penurunan omzet penjualan atau parahnya bisa kehilangan pelanggan setia.

#2 Mengurangi spesifikasi produk

Mungkin kamu salah satu pelaku usaha yang sangat menghindari cara pertama tersebut. Jika iya, kamu bisa menggunakan cara kedua ini. Caranya adalah menyiasati kenaikan harga bahan baku dengan mengurangi spesifikasi produk.

Contohnya, dalam bisnis kuliner, seorang pedagang bakso membuat ukuran baksonya menjadi lebih kecil, tetapi dengan harga yang sama. Cara ini sangat cocok diterapkan pada kalangan masyarakat yang lebih mementingkan harga daripada kepuasan dan kualitas produk.

#3 Mencari bahan baku substitusi

Cara menyiasati kenaikan harga bahan baku selanjutnya, dengan mencari sumber-sumber bahan baku pengganti. Dalam menggunakan bahan baku pengganti tersebut, kamu tidak menggunakanya 100 persen. Tapi, hanya sebagai bahan pelengkap saja, agar tidak terlalu mengurangi kualitas produk yang dipasarkan.

Contohnya, seorang tukang kayu yang memproduksi lemari dari bahan kayu campuran mahal dengan kayu substitusi murah. Cara ini dapat membuat biaya produksi tidak bertambah, sehingga harga jual tidak perlu naik.

#4 Menurunkan sedikit keuntungan

Cara selanjutnya kamu bisa menurunkan sedikit keuntungan. Sebagai pelaku usaha, kamu bisa tetap mempertahankan harga dengan menurunkan nilai keuntungan yang kamu peroleh. Dengan menerapkan cara ini, kamu menjadi tidak memberatkan konsumen yang membeli produk atau jasa kamu.

Contohnya, harga produk di pasaran sebesar Rp10.000. Kemudian, dengan harga itu, kamu bisa mendapatkan keuntungan Rp4.000. Kamu bisa mempertimbangkan untuk mengurangi keuntungan menjadi Rp3.000 per produk.

#5 Efisiensi usaha

Cara menyiasati kenaikan harga bahan baku dengan efisiensi usaha.

Maksud efisiensi usaha yaitu, membuat biaya usaha menjadi lebih efisien atau hemat. Kamu bisa mencari tahu bagian mana harga bahan baku yang bisa ditekan biayanya. Baik itu dari sisi proses produksi, distribusi, biaya pemasaran, dan lainnya. Dengan begitu, kamu bisa melakukan efisiensi dari biaya yang ada.

Contohnya, jika tadinya kamu selalu melakukan promosi berbayar, sekarang kamu bisa melakukan promosi yang gratis.

#6 Menurunkan jumlah produk yang dijual

Jika kamu belum memiliki pelanggan tetap yang banyak, cara ini bisa kamu lakukan. Kamu bisa menurunkan jumlah produk yang dijual agar kualitas produk tetap bisa dipertahankan.

Contohnya, biasanya dalam sehari kamu mempersiapkan 100 produk yang dijual, kemudian, kamu bisa memangkasnya menjadi 50 produk saja.

#7 Cari supplier lain yang menawarkan harga lebih kompetitif

Cara menyiasati kenaikan harga bahan baku selanjutnya, dengan mencari supplier lain yang menawarkan harga lebih kompetitif. Cobalah cari supplier lain dengan bertanya pada kenalanmu. Siapa tahu mereka mengetahui supplier yang menawarkan harga lebih baik.