Resources

4 Cara Mengubah Usaha Sampingan menjadi Perusahaan Impian

cara mengubah usaha sampingan

Apakah kamu memiliki bisnis sambilan? Bila ya, sekarang ini terdapat cara mengubah usaha sampingan menjadi perusahaan besar yang bisa kamu ikuti.

Berdasarkan survei Kemnaker (Kementerian Tenaga Kerja), hampir 88% perusahaan di Indonesia terdampak oleh pandemi Covid-19.

Oleh sebab itu, banyak karyawan yang memilih untuk mempunyai usaha sampingan untuk mendapatkan penghasilan lebih.

Nah, seiring berjalannya waktu, usaha sambilan ini tak jarang dijadikan prioritas. Sehingga, wajar saja bila kini, mimpi banyak orang adalah untuk mengubah usahanya menjadi bisnis besar.

Meskipun demikian, impian ini bisa menjadi hal yang menakutkan bagi para karyawan. Sebab, mereka bakal menghadapi banyak risiko, seperti kehilangan profesi utamanya atau kalah dengan pesaing.

Melihat hal tersebut, berikut GajiGesa paparkan mengenai cara jitu untuk mengubah usaha sampinganmu menjadi bisnis besar. Yuk, disimak!

Cara Mengubah Usaha Sampingan

cara memulai usaha-1

1. Tegas dengan waktu

Cara mengubah usaha sampingan menjadi bisnis besar yang pertama adalah tegas dengan waktu.

Dalam dunia bisnis, waktu merupakan hal yang berharga. Bahkan, ia bisa dikategorikan sebagai komoditas yang langka dan terbatas.

Oleh karena itu, kamu perlu bijak dalam manajemen waktu supaya pembangunan usaha bisa berjalan dengan lancar.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengevaluasi seluruh aktivitas operasional dan menemukan cara terbaik untuk membuat proses eksekusinya menjadi lebih efisien.

2. Fokus memperbaiki jaringan dan hubungan

Cara mengubah usaha sampingan berikutnya adalah dengan berfokus untuk memperbaiki jaringan dan hubungan.

Membangun perusahaan baru bukanlah hal yang mudah. Kamu akan menemukan banyak rintangan bak rollercoaster setiap harinya, baik secara emosional maupun finansial.

Oleh sebab itu, kamu sebaiknya berfokus untuk mempererat hubungan dengan keluarga, teman terdekat, juga teman bisnis.

Mengapa demikian? Sebab, dalam menghadapi tantangan-tantangan tersebut, penting untuk memiliki support system yang kuat agar kamu bisa belajar untuk lebih menghargai diri sendiri.

3. Menyusun rencana awal bisnis dengan matang

Cara mengubah usaha sampingan lainnya yaitu menyusun rencana awal bisnis dengan matang.

Rencana awal bisnis dapat digunakan sebagai parameter untuk segala tindakan yang akan kamu jalani supaya bisnis menjadi sukses.

Membuat rencana juga bisa membantu kamu untuk menemukan ide-ide yang tepat dan menyeluruh agar semua kegiatan bisnis bisa bergerak dengan konsisten.

Kamu juga perlu ingat bahwa memulai bisnis bukan hanya perihal menjual produk akhir, melainkan juga perjalanan yang akan dilewati menuju penjualan produk tersebut.

Dengan demikian, rencana yang kamu bisa membantumu dalam memandu setiap langkah dan strategi bisnis.

4. Perencanaan keuangan yang tepat

Cara mengubah usaha sampingan yang terakhir adalah membuat perencanaan keuangan yang tepat.

Setelah memiliki rencana awal bisnis yang kuat, kamu juga harus bisa menentukan perencanaan finansial yang tepat untuk menopang usaha di masa-masa awal pembangunan.

Pastikan untuk memeriksa total pengeluaran saat membangun bisnis dan mengidentifikasi apa yang perlu dipotong dari anggaran.

Selain itu, jangan lupa memisahkan keuangan untuk tabungan sebelum kamu meyakinkan diri untuk berhenti dari pekerjaan.

Pasalnya, sudah dipastikan kalau kamu akan memiliki lebih banyak pengeluaran dibandingkan pendapatan.

Itulah rangkuman dari cara mengubah usaha sampingan menjadi perusahaan impian yang bisa kamu terapkan di masa mendatang. Semoga berhasil!