Resources

7 Cara Memulai Usaha, Dijamin Anti Gagal!

Ingin memulai usaha? Yuk, simak di sini cara memulai usaha agar berhasil!
cara memulai usaha

Di kondisi pandemi seperti saat ini, tidak sedikit orang yang mengalami layoff atau pemecatan oleh tempat ia bekerja sebelumnya. Ini membuat masyarakat memang dituntut untuk dapat mencari peluang usaha sebagai pilihan lain mendapatkan pemasukan utama. Saat ingin memulai usaha, kamu tidak hanya sekedar perlu menyiapkan modal saja, tetapi ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum memulainya. Berikut beberapa cara memulai usaha agar usaha yang dijalankan berhasil.

Baca juga: Belum Tahu Cara Menghitung Laba Bersih Bisnis? Begini Rumusnya!

#1 Cara memulai usaha dengan memilih jenis usaha sesuai dengan minat

Ketika ingin membuka usaha, kamu perlu memilih jenis usaha sesuai dengan minatmu. Ini penting agar usaha yang akan kamu jalankan akan terasa lebih menyenangkan untuk dijalani. Contohnya saja, kamu sangat suka menggambar. Jenis usaha yang bisa kamu jalankan, misalnya membuka usaha clothing dengan gambar hasil karyamu sendiri. Jadi, pilih jenis usaha yang sesuai dengan minat kamu, ya!

#2 Mempelajari administrasi keuangan

Cara memulai usaha selanjutnya yang perlu dipersiapkan untuk memulai usaha, yaitu dengan mempelajari administrasi keuangan. Kamu bisa mempelajari ilmu administrasi tersebut dengan mengikuti kursus-kursus. Selain itu, kamu bisa mempelajarinya dengan lebih sering mencari tahu dengan browsing di internet dan banyak menonton tutorial. Tujuannya, ialah agar kelangsungan usaha kamu dapat berjalan lancar tanpa adanya masalah administrasi.

#3 Cara memulai usaha dengan menentukan tujuan, visi, dan misi

Selanjutnya, saat ingin memulai usaha, kamu harus menentukan tujuan, visi, dan misi dari usaha yang akan kamu rintis. Menentukan tiga hal itu sangatlah penting untuk menentukan arah tujuan usaha kamu ke depannya. Walaupun misalnya usaha yang ingin kamu buat adalah bisnis rumahan, ketiga hal tersebut tetap harus ditentukan, ya. Jadi, kamu harus memastikan bahwa, saat membuka usaha, kamu memiliki target yang ingin dicapai; tidak hanya yang penting jalan apalagi tujuannya hanya mengikuti tren yang ada.

Baca juga: Kenali! 7 Gaya Kepemimpinan, Mana yang Cocok Untukmu?

#4 Menghitung kebutuhan modal

Cara memulai usaha selanjutnya kamu perlu menghitung modal yang dibutuhkan. Kamu harus menghitung modal secara teliti, pikirkan dan hitung apa saja kebutuhan yang paling penting untuk memulai menjalankan usaha. Hindari pembelian kebutuhan usaha yang dirasa tidak terlalu penting atau belum dibutuhkan. Tujuan dari menghitung kebutuhan modal ini agar memiliki gambaran yang jelas mengenai modal untuk memulai usaha tersebut.

#5 Cara memulai usaha dengan menentukan keunikan dari produk atau jasa

Jika kamu tidak ingin gagal dalam membangun usaha, cara selanjutnya untuk memulai usaha adalah dengan menentukan keunikan dari produk atau jasa usahamu. Dunia bisnis sangatlah ketat persaingannya. Untuk itu, kamu perlu membuka usaha yang berbeda dari yang lainnya agar dapat menarik minat konsumen.

#6 Membuat strategi promosi yang tepat untuk produk atau jasa

Cara selanjutnya sebelum memulai usaha kamu perlu menentukan strategi promosi yang tepat. Kamu harus memikirkan dan menghitungnya dengan matang-matang dan tepat sasaran. Membuat strategi promosi yang tepat tidaklah mudah, namun sangat penting untuk dilakukan. Tujuannya, untuk memperkenalkan produk usaha yang kamu miliki ke konsumen. Jika kamu melakukan promosi yang tepat, maka semakin banyak orang mengetahui produk usaha kamu.

#7 Menentukan waktu untuk memulai usaha

Cara memulai usaha yang terakhir, yaitu menentukan waktu untuk memulai usaha. Kamu perlu menentukan waktu yang tepat, tidak boleh asal-asalan karena membuka usaha bukanlah perkara main-main. Saat menentukan waktu pun, tidak boleh terburu-buru. Untuk memulai usaha, kamu membutuhkan perhitungan yang cermat. Jika salah sedikit saja, ini dapat menyebabkan kerugian. Jadi, pilihlah waktu yang tepat untuk memulai usaha kamu, ya!

Jika kamu berencana untuk memulai usaha, kamu perlu mengikuti beberapa cara di atas. Selamat mencoba!