Resources

Pusing Atur Jadwal? Begini Cara Buat Shift Kerja Efektif

Pusing atur jadwal shift karyawan? Begini cara membuat jadwal kerja shift!
cara membuat jadwal kerja shift

Membuat jadwal kerja shift bukan sebuah pekerjaan yang mudah, lho. Kamu harus tahu bagaimana cara membuat jadwal kerja shift yang efektif. 

Kamu harus mengatur pembagian jam kerja agar dalam sebulan karyawan mendapatkan proporsi jam kerja yang sama. Oleh sebab itu, sebagai pemilik usaha kamu harus bisa menghitung serta menjadwalkan shift.

Perhitungan tersebut bertujuan agar kamu tidak mempekerjakan karyawan lebih dari 40 jam seminggu, sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Lalu, bagaimana cara membuat jadwal kerja shift? Nggak usah pusing, terus simak artikel ini, ya.

Cara Membuat Jadwal Kerja Shift

Berikut ialah cara membuat jadwal kerja shift sesuai dengan jumlah shift dan grupnya.

#1 3 Shift Kerja 4 Grup

Cara membuat jadwal kerja shift yang pertama yaitu, jenis 3 shift kerja 4 grup. Jenis model ini umumnya banyak digunakan oleh bisnis yang memiliki jam kerja operasional selama 24 jam. Misalnya, rumah makan 24 jam, penyedia keamanan dan kebersihan, customer service, dan lainnya.

Pada jadwal 3 shift 4 grup, karyawan akan bekerja selama 5 hari dengan waktu 7 jam kerja dan 1 jam istirahat. Tapi, dalam jadwal tersebut akan memungkinkan hari libur yang tidak pasti. Ini karena karyawan perlu mendapatkan libur selama dua hari.

Contohnya:

cara membuat jadwal kerja shift

Keterangan:

  • Shift kerja pertama yaitu pukul 07.00 – 15.00, jadwal kedua yaitu pukul 15.00 – 23.00, dan jadwal kerja ketiga yaitu 23.00 – 07.00.
  • Urutan rotasi kerja dari shift 3 pada shift 1. Kemudian, perpindahan dari shift 3 terdapat cara tersendiri. Pada shift 3, karyawan akan dapat libur 2 hari sebelum masuk jadwal shift 1.

#2 3 Shift Kerja 3 Grup

Cara membuat jadwal kerja shift yang kedua yaitu, jenis 3 shift kerja 3 grup. Dalam jadwal ini, karyawan akan mendapatkan hari kerja dan libur yang teratur. Kemudian, karyawan akan bekerja selama 6 hari.

Umumnya, jadwal shift kerja jenis ini digunakan oleh industri atau UMKM dengan jumlah karyawan sedikit.

Dalam sehari, karyawan akan bekerja dengan 7 jam kerja kemudian, 1 jam istirahat. Lalu, pada hari Minggu karyawan akan bekerja selama 5 jam.

Contohnya:

cara membuat jadwal kerja shift

#3 2 Shift Kerja 3 Grup

Cara membuat jadwal kerja shift ketiga, yaitu jenis 2 shift kerja 3 grup. Umumnya, jenis jadwal ini menjadi rekomendasi bisnis pada bidang keamanan.

Pada jadwal ini, pengelolaannya akan berbentuk 2-2-2. Maksudnya, dalam satu minggu terdiri dari 2 hari shift 1, 2 hari shift 2, dan 2 hari libur.

Contohnya: