logo GajiGesa

Blog

5 Cara Ampuh untuk Melunasi Utang yang Bisa Kamu Ikuti

cara melunasi utang

Sekarang ini, untuk memiliki kehidupan finansial yang stabil, kamu perlu tahu cara melunasi utang dengan benar.

Kesulitan untuk membayar utang telah menjadi permasalahan yang umum untuk dijumpai. Terlebih saat pekerja harus mengeluarkan uang untuk kebutuhan rumah tangga yang lain.

Namun, terkadang berutang memang diperlukan, terutama jika terjadi permasalahan mendadak dengan urgensi tinggi, seperti kecelakaan maupun ketika kamu jatuh sakit.

Sayangnya, tidak semua orang mempunyai kesadaran yang sama dalam menyikapi kehidupan finansial mereka. Sehingga, mereka kerap berutang tanpa memerhitungkan risikonya.

Bila kebiasaan ini dibiarkan berlanjut, utang akan semakin menumpuk dan pada akhirnya akan terjadi gali lubang-tutup lubang.

Oleh sebab itu, kamu perlu tahu cara yang tepat untuk melunasi utang supaya tidak semakin menumpuk. Yuk, simak langkah-langkah lengkapnya di sini!

Cara Efektif untuk Melunasi Utang

cara melunasi utang

1. Membuat rekapan utang

Cara melunasi utang pertama yang bisa kamu coba adalah membuat rekapan utang.

Di sini, kamu perlu mencatat seluruh utang yang dimiliki dan belum dibayarkan, baik dalam jangka waktu panjang maupun pendek.

Hal ini dilakukan supaya kamu bisa mengetahui jumlah utang yang kamu punya beserta utang mana yang perlu dilunasi terlebih dahulu.

Setelah membuat rekapan utang, jangan lupa untuk mulai mengatur keuangan dengan benar. Sebab, jika kamu tidak bisa mengatur keuangan dengan baik, utang bisa terus bertambah tanpa disadari.

Sebagai saran, catat seluruh pemasukan dan pengeluaran dengan rinci. Dengan demikian, kamu dapat mengetahui alur keuangan yang dikeluarkan sehari-harinya.

2. Berhenti berutang

Jika kamu sedang mencari cara terjitu untuk melunasi utang, jawabannya adalah untuk tidak menambah tunggakannya terlebih dahulu.

Memang tak bisa dipungkiri bahwa kini ada banyak godaan yang bisa membuatmu menambah utang baru. Seperti pinjaman dengan persyaratan yang mudah tanpa memerlukan proses validasi data yang panjang.

Meskipun demikian, kamu harus memiliki pendirian yang kuat dan menghindari semua godaan tersebut.

Pasalnya, jika terus-terusan membuat utang baru, pada akhirnya kamu tidak akan bisa menyelesaikan seluruh utang yang dimiliki.

Kebiasaan ini pun nantinya akan menjadi roda yang tak akan berhenti berputar.

Oleh sebab itu, fokuslah dengan apa yang kamu miliki sekarang dan jangan memaksakan diri untuk memenuhi keinginan.

3. Menambah pundi-pundi penghasilan

Cara efektif berikutnya yang bisa kamu ikuti untuk melunasi utang adalah dengan menambah penghasilan.

Menjalankan inisiatif ini bukan berarti kamu harus membuat usaha yang besar.

Kamu bisa mencari lowongan kerja freelance atau membangun bisnis kecil dari rumah yang tidak akan menganggu pekerjaan utamamu.

Selain untuk melunasi utang, penghasilan tambahan juga dapat menjadi alternatif yang ampuh untuk keperluan dana daruratmu.

4. Menggunakan strategi debt snowball

Cara melunasi utang lainnya yang tak kalah efisien adalah menggunakan strategi debt snowball.

Strategi ini mengacu pada metode di mana kamu membuat prioritas utang berdasarkan tenggat waktu pelunasannya sambil mengabaikan besaran bunga yang perlu dibayar.

Metode snowball sendiri sifatnya fleksibel dan bisa digunakan sesuai kebutuhan kamu. Namun, perhatikan dulu kelebihan dan kekurangannya secara saksama agar bisa dimanfaatkan secara maksimal.

5. Mengubah kebiasaan

Cara terakhir untuk melunasi utang yang dapat kamu ikuti adalah dengan mengubah kebiasaan.

Setelah keseluruhan utang telah lunas, kamu perlu mengubah kebiasaan yang sebelumnya membuatmu boros.

Selain itu, segera hilangkan kebiasaan berutang dan mulai mengelola keuangan yang dimiliki dengan tepat.

Jika kesulitan, jangan merasa malu untuk meminta bantuan orang lain, ya.

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!