Resources

Simak Yuk, Cara Hitung Absensi Manual Berikut Ini!

cara hitung absensi manual

Bagaimana ya, cara hitung absensi manual?

Absensi menjadi rutinitas bagi karyawan sebelum memulai aktivitas kerja. Segala bentuk absensi pegawai harus dicatat baik secara manual maupun modern.

Kehadiran karyawan di tempat kerja baik di kantor maupun online perlu dicatat untuk keperluan administrasi. Seperti, menghitung jumlah kehadiran untuk gaji, memastikan kelancaran produktivitas dan lain sebagainya.

Pada artikel ini akan membahas mengenai absensi dan cara hitung absensi manual.

cara hitung absensi manual

Apa itu Absensi Kehadiran ?

Absensi merupakan dokumen yang mencatat kehadiran setiap karyawan di perusahaan. Daftar hadir karyawan ini dapat berupa daftar hadir biasa atau dalam bentuk yang diisi dengan alat pencatat waktu.

Pekerjaan dalam pencatatan waktu pada dasarnya dibagi menjadi dua bagian, yaitu waktu kerja dan waktu kehadiran. Pencatatan absensi yang diberikan kepada setiap karyawan dapat mempengaruhi gaji bersih atau gaji yang diterima karyawan per bulan.

Format Kehadiran Karyawan

Setiap perusahaan pasti memiliki ciri atau format tertentu dalam melakukan absensi karyawan. Tim sumber daya manusia (SDM) sangat membutuhkan format absensi yang tepat untuk mencatat jumlah absensi karyawan dengan baik, tepat, dan akurat.

Pentingnya menggunakan format absensi karyawan ini karena akan mempengaruhi besaran gaji yang akan diterima pegawai. Jadi, tim human resources (HR) juga tidak boleh asal-asalan atau main-main dalam menghadapi masalah ini.

Karyawan akan sangat mungkin melakukan protes. Biasanya ini karena gaji yang diterima tidak sesuai harapan dan aturan perusahaan disebabkan oleh kelalaian HR saat menghitung absensi karyawan.

Absensi Karyawan Manual

Seperti namanya, absensi karyawan dalam format manual karena menggunakan cara konvensional yaitu, kertas dan alat tulis.

Sistem ini juga tidak bergantung pada teknologi atau tidak memerlukan internet sama sekali. Setiap hari, karyawan harus mengantri untuk absen di meja yang telah disiapkan. Kemudian, karyawan membubuhkan tanda tangan di atas kertas sebagai bukti kehadiran pada hari itu.

Tidak hanya saat mereka datang, bahkan saat mereka pulang kerja pun mereka harus mengantri. Sistem ini cukup memakan waktu karena karyawan harus mengantri hanya untuk absen.

Padahal, jika karyawan tersebut tidak perlu mengantri saat datang ke kantor ia bisa langsung mengerjakan pekerjaannya. Dengan demikian, waktu kerja bisa lebih produktif. Belum lagi kecurangan yang mungkin terjadi jika ada pegawai yang absen dengan cara memalsukan tanda tangan.

Ini Cara Hitung Absensi Manual

Sebenarnya cara menghitung absensi karyawan cukup mudah.

Gunakan rumus jumlah hari kerja total dibagi dengan jumlah hari kerja dikalikan 100.

Perlu diingat bahwa hari kerja adalah hari dimana karyawan bekerja di luar hari libur nasional, akhir pekan, dan cuti.

Contohnya:

Anggi merupakan karyawan perusahaan kimia yang sering absen tanpa alasan yang jelas. Perusahaan tempatnya bekerja akan menghitung persentase kehadiran karyawan dalam periode tahunan untuk menghitung bonus kerja tahunan. Tahun 2021, Anggi absen selama 15 hari, sedangkan jumlah hari kerja aktif periode tahun 2021 adalah 260 hari. Berapa persentase kehadiran Anggi?

Persentase kehadiran = 100% – [(Total hari absen : Total hari kerja aktif) x 100%]

= 100% – [(15 hari : 260 hari) x 100%]

= 100% – [0.057 x 100]

Jadi, persentase kehadiran Anggi selama setahun adalah 100% – 5.7% = 94.3%.

Itulah pemebahasan mengenai cara hitung absensi manual. Dipikir-pikir perhitungan absensi karyawan satu per satu seperti ini akan melelahkan, bukan?

Oleh sebab itu, kami memberikan solusi untuk usahamu yaitu, menggunakan GajiTim. Dengan GajiTim, kamu tidak perlu repot-repot melakukan dan menghitung absensi secara manual.

Kamu bisa fokus mengerjakan hal lain, tanpa harus pusing menghitung absensi karyawanmu satu per satu. Ditambah, semuanya sudah bisa dilakukan secara online.

Jika kamu menggunakan GajiTim, akan lebih mempersingkat waktumu dalam urusan absensi karyawan. Yuk, coba gunakan GajiTim sekarang.

cara hitung absensi manual