Resources

5 Ide Bisnis Ramah Lingkungan yang Bisa Digarap Pengusaha

Tertarik untuk beralih ke bisnis ramah lingkungan? Intip 5 ide bisnis yang ramah lingkungan berikut ini.
bisnis ramah lingkungan

Isu terkait lingkungan kini menjadi salah satu hal yang diperhatikan oleh para pengusaha. Hasilnya, tak sedikit jumlah bisnis ramah lingkungan yang sekarang bermunculan.

Jenis usaha ini pada dasarnya tidak hanya berfokus pada keuntungan, tetapi, juga pengurangan dampak berbahaya perusahaan pada lingkungan.

Inisiatif ini bisa dilakukan dengan menekan jumlah penggunaan BBM, proses pengolahan limbah, serta meluncurkan strategi corporate social responsibility.

Menariknya, usaha yang mengutamakan aspek kesehatan lingkungan ini tidak hanya menarik bagi para pebisnis, tetapi, juga banyak diminta oleh pelanggan.

Maka dari itu, potensi keuntungganya cukup menjanjikan bagi para pengusaha di era modern ini.

Nah, jika tertarik menjalankan bisnis ramah lingkungan, berikut adalah 5 ide mumpuninya yang bisa coba. Yuk, disimak!

5 Ide Bisnis Ramah Lingkungan

bisnis ramah lingkungan

Ini dia 5 ide bisnis ramah lingkungan yang bisa kamu jadikan referensi untuk memulai usaha:

1. Bisnis Recycle

Punya hobi kerajinan tangan dan minat terhadap barang yang sudah tidak terpakai? Bila ya, kamu bisa mencoba bisnis recycle atau daur ulang.

Bisnis satu ini tak membutuhkan modal besar untuk dijalankan. Sebab, yang perlu kamu lakukan adalah menjual produk hasil daur ulang dari barang bekas.

Contoh barang yang bisa didaur ulang adalah kain perca untuk dijadikan dompet atau tas, serta sampah plastik yang bisa didaur ulang menjadi hiasan dinding. 

Meskipun tak membutuhkan modal yang berlimpah, kamu perlu menjadi seorang pengusaha yang terampil dan kreatif jika ingin memulai bisnis recycle.

Pasalnya, ide bisnis ini sudah banyak digeluti oleh banyak orang. Maka dari itu, untuk memenangkan kompetisi di pasar, produk yang kamu ciptakan harus bisa terlihat unik dan menarik.

2. Toko Barang Bekas

Barang bekas yang sudah tidak terpakai di rumahmu bisa jadi ladang usaha, lho!

Maka dari itu, jika memiliki barang bekas yang masih layak pakai, kamu bisa menjualnya dengan harga murah.

Bisnis ramah lingkungan ini dapat membantu mengurangi sampah yang menumpuk di rumah kamu.

Toko barang bekas ini juga dikenal dengan istilah bisnis thrift shop, di mana kamu bisa menemukan baju bekas yang layak pakai dan menjualnya kembali.

Karena tidak membutuhkan modal yang banyak, kamu bisa mengalokasikan untuk melakukan pemasaran. Harga yang dijual pun bisa kamu sesuaikan dengan kelayakan barang tersebut.

3. Upcycled Furniture

Produk furniture atau mebel biasanya berbahan dasar kayu. Semakin banyak kayu yang digunakan untuk dijadikan furniture, kesehatan ekosistem pohon bakal semakin menipis.

Nah, untuk mengurangi penebangan pohon secara terus menerus, kini kamu bisa mendaur ulang mebel yang dinamakan sebagai upcycled furniture.

Upcycled furniture dinilai cukup efisien untuk meningkatkan kesejahteraan lingkungan.

Pasalnya, produk tersebut hanya memanfaatkan mebel yang sudah rusak kemudian direparasi sedemikian rupa hingga terlihat layak pakai kembali.

Jika kamu memiliki meja, kursi, atau lemari yang rusak, cukup perbaiki dan dipercantik agar bisa dijual kembali. Kamu juga bisa mengambil mebel rusak dari barang rongsokan atau milik tetangga dan kerabat.

Untuk memulai bisnis ini, kamu membutuhkan modal yang cukup agar bisa memperbaiki mebel-mebel yang sudah rusak. Kamu bisa menggunakan jasa orang lain, atau memperbaikinya sendiri.

4. Bisnis Hasil Pertanian Organik

Gerakan ramah lingkungan sejatinya sangat mengutamakan pelanggan untuk mengonsumsi produk organik. Tidak terkecuali untuk hasil pertanian seperti sayuran atau buah-buahan.

Hasil pertanian yang organik harus terbebas dari pestisida dan tumbuh alami dengan perawatan ekstra.

Untuk proses perawatannya, kamu bisa memanfaatkan pupuk yang sudah diolah dari kotoran hewan dan sistem penanamannya yang disediakan secara khusus.

5. Produk Organik Handmade

Ide bisnis ramah lingkungan terakhir yang bisa kamu garap adalah produk organik handmade.

Produk satu ini sedang banyak dicari oleh konsumen karena sifatnya yang lebih ramah lingkungan. Produk yang dimaksud termasuk sabun herbal, kosmetik, dan produk kecantikan lainnya.

Dengan menggunakan bahan alami, kamu bisa memanfaatkan susu sapi, serta sari-sari tumbuhan.

Namun, dibutuhkan pengetahuan yang cukup untuk bisa memulai bisnis ini. Sebab, menjual produk seperti ini membutuhkan perawatan yang cukup rumit dan tidak boleh sembarangan.

Maka dari itu, jika kamu ingin memulai bisnis produk organik handmade, pastikan kamu memahami strategi bisnis dan teknik perawatannya terlebih dahulu.

Itu dia 5 ide bisnis ramah lingkungan yang bisa kamu coba.

Bagaimana? Tertarik untuk memulai peluang usaha ini? Yuk, tunjukkan kepedulianmu terhadap bumi dan mulai bisnis yang lebih ramah terhadap lingkungan.