Resources

Baru! Ini Manfaat Fitur Absensi Online Berdasarkan Lokasi

absensi online berdasarkan lokasi

GajiTim ada yang baru lho, yaitu absensi online berdasarkan lokasi.

Sering kali terjadi pencatatan kehadiran karyawan yang tidak akurat akibat banyaknya kecurangan absensi. Hal tersebut tentu saja akan berdampak pada analisa produktivitas, performa, serta perhitungan gaji karyawan. 

Saat ini, absensi dengan menggunakan mobile atau online sedang menjadi tren di beberapa perusahaan atau bisnis. Absensi online dianggap mampu menggantikan cara kerja absensi model lama yang rawan kecurangan. 

Banyak manfaat yang akan diperoleh dari absensi online. Salah satu fitur terbaru dari absensi online GajiTim yaitu, lokasi kehadiran.

Apa itu lokasi kehadiran? Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai fitur baru GajiTim tersebut.

Absensi Online Berdasarkan Lokasi

Cara kerja aplikasi absensi online menawarkan berbagai kemudahan bagi karyawan maupun pemilik bisnis. Karyawan hanya perlu mengakses aplikasi absensi melalui smartphone mereka untuk mencatatkan kehadiran. Kemudian, kehadiran karyawan tersebut akan berisi lokasi tempat di mana mereka melakukan absensi.

Dengan adanya fitur absensi online berdasarkan lokasi, membuat data kehadiran karyawan jauh lebih akurat. Sebab, pemilik bisnis dapat memonitor keberadaan karyawan. Selain itu, fitur ini juga mampu mencegah kecurangan absen yang bisa merugikan pihak perusahaan maupun karyawan lain. 

Manfaat Menggunakan Absensi Online Berdasarkan Lokasi

absensi online lokasi

Jika dibandingkan dengan absensi konvensional, tentunya absensi online berdasarkan lokasi punya banyak keuntungan. 

Nah, berikut ini adalah manfaat dan keuntungan yang akan kamu peroleh jika menggunakan sistem absensi berdasarkan lokasi di aplikasi GajiTim.

#1 Hemat anggaran perusahaan

Aplikasi manajemen karyawan GajiTim merupakan aplikasi yang GRATIS. Selain itu, sistem kerjanya hanya membutuhkan smartphone atau laptop yang dapat menghemat anggaran bisnis.

Sebab, kamu tidak perlu membeli banyak mesin absen untuk mencatat kehadiran karyawan. Keuntungan ini akan semakin terasa jika kamu memiliki cabang bisnis di berbagai kota.

#2 Efisien dan hemat waktu

Manfaat lainnya yaitu, lebih efisien dibandingkan sistem konvensional yang memakan banyak waktu dan tenaga. Kamu hanya perlu memantau aplikasi absensi untuk memeriksa kehadiran karyawan.

Jika kamu menggunakan absensi online tentu akan sangat menghemat waktu bukan?

#3 Minim kecurangan

Terlebih lagi yang paling penting dari absensi online berdasarkan lokasi yaitu, minim kecurangan. Sebab, data yang masuk akan terenkripsi dan tersimpan ke dalam server aplikasi. Sehingga, tidak ada pihak yang bisa memanipulasi kehadiran karyawan.

#4 Lebih akurat

Jika kamu menggunakan absensi online GajiTim, akan mendapatkan data dengan akurasi tinggi. Absensi online mengurangi kemungkinan human error yang bisa merugikan bisnis. Selain itu, data yang akurat juga memudahkan pekerjaan pemilik bisnis atau HR dalam melaksanakan tugasnya.

#5 Mudah memantau jam kerja karyawan

Salah satu kendala yang dirasakan oleh pemilik bisnis atau HR saat menerapkan kebijakan WFH adalah kesulitan memantau jam kerja karyawan. Hal ini juga berlaku pada karyawan yang bekerja secara remote.

Tapi, kamu tidak perlu khawatir sebab aplikasi absensi online memberikan kemudahan dalam memantau jam kerja karyawan yang berada di luar kantor. Melalui aplikasi GajiTim, kamu bisa memantau kapan karyawan menginput absensi, jam lembur, ketidakhadiran, hingga jam berapa karyawan selesai bekerja. 

Selain itu, dengan adanya fitur lokasi memberikan kemudahan untuk mengecek lokasi karyawan.

Cara Pengaturan Akses Lokasi Absensi

Berikut ini ialah beberapa langkah yang harus kamu lalui, jika ingin melakukan pengaturan akses lokasi absensi.

  • Pertama, kamu harus login aplikasi GajiTim terlebih dahulu.
absensi online berdasarkan lokasi
  • Kemudian, pada Beranda. Kamu klik Lainnya.
absensi online lokasi
  • Setelah itu, pilih Pengaturan Lokasi Kehadiran.
absensi online lokasi
  • Kamu bisa mengatur lokasi absensi sesuai dengan yang diinginkan, dengan klik Lanjut.
  • Lalu, kamu bisa memilih keberadaan kamu saat ini. Apakah berada di kantor atau di luar kantor. Jika kamu berada di kantor bisa langsung klik Saya di kantor, atau sebaliknya Saya di luar kantor.
absensi lokasi
  • Kemudian, pilih Benar. Jika lokasi kamu saat ini sudah sesuai.
absensi online berdasarkan lokasi

Yeay! Kamu sudah berhasil melakukan pengaturan akses lokasi absensi. Lalu, kamu bisa memilih karyawan mana saja yang ingin kamu berikan akses lokasi tersebut. Selamat mencoba!

absensi online lokasi